Cari Pompa Sepeda? Begini Cara Memilihnya Dengan Benar

Apakah sobat termasuk yang memiliki sepeda di rumah tetapi tidak memiliki pompa sepeda?

Jika iya maka sobat gowes banyak temannya. Banyak pesepeda yang hanya memiliki sepeda saja tidak sampai memiliki pompa ban sepeda. Alasannya bisa minjam kepada tetangga atau ke tukang tambal ban saja.

Sebelum berangkat sepeda, ada satu hal penting yang harus diperhatikan yaitu mengecek tekanan ban sepeda. Setiap merk ban sepeda memiliki ukuran tekanan yang dianjurkan masing-masing.

Contoh mudahnya pada tekanan ban sepeda balap yang disarankan antara 90-120 psi, dibawah tekanan yang direkomendasikan tersebut biasanya ban akan terasa lebih berat dan gampang mudah bocor.

Untuk itu sebelum berangkat gowes pastikan tekanan ban sepeda sudah sesuai yang direkomendasikan. Kalau sobat punya pompa kan enak tinggal pompa sendiri di rumah, tetapi kalau tidak punya perlu keluar dulu cari pinjaman pompa. Padahal harga pompa sepeda yang bagus tidaklah mahal.

Nah berikut kami berikan beberapa tips dalam membeli pompa sepeda agar sobat tidak salah membeli.

Cara Memilih Pompa Sepeda

1. Pilih jenis pompa sepeda

Pompa memiliki beberapa jenis tergantung dari kebutuhan penggunanya. Agar tidak salah beli simak berikut jenis pompa:

  • Floor pump
    Pompa Sepeda
    Pompa Sepeda

Floor pump adalah jenis pompa seperti kebanyakan yang orang pakai. Pompa ini lebih enak digunakan dan mudah memasukkan udara karena ukuran tabung yang besar. Pompa ini perlu sobat miliki di rumah untuk jaga-jaga saat sepeda kempes dan bisa juga digunakan untuk memompa sepeda motor.

  • Hand pump
    Topeak Hand Pump
    Topeak Hand Pump

Hand pump adalah pompa kecil yang biasa dibawa saat gowes untuk jaga-jaga saat terjadi ban kempes atau bocor. Ukurannya pompa sepeda mini ini bisa dimasukan dalam kantong saku belakang jersey. Tenang saja bobotnya ringan sehingga tidak begitu membebani.

  • Portable pump
    Portable Pump
    Portable Pump

Portable pump ini mirip-mirip dengan hand pump, ukurannya juga kecil sering dibawa kemana-mana, biasanya diletakan pada frame sepeda atau dimasukan tas saat gowes blusukan.

Ukurannya biasanya lebih besar dari hand pump dengan menggunakan selang angin. Untuk pengunaannya bisa seperti floor pump tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

  • CO2 inflator
    CO2 Inflator
    CO2 Inflator

CO2 inflator ini paling ringkas dan tidak membutuhkan effort saat memompa, apalagi untuk ban sepeda balap yang memiliki tekanan tinggi. CO2 inflator adalah infiltrasi udara untuk mengisi ban secara cepat yang digunakan saat darurat saja. Alat ini biasanya hanya bisa digunakan beberapa kali pakai saja.

Untuk harga inflator ini lebih mahal daripada harga pompa sepeda standar lainnya.

2. Sesuaikan jenis nipple (pentil)

Nipple atau biasa disebut pentil sepeda memiliki beberapa jenis, sehingga saat membeli sepeda pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan. Berikut jenis pentil sepeda:

  • Pentil karet

Pentil model karet ini merupakan jenis pentil sepeda model lama. Biasanya ditemui pada sepeda jengki, sepeda onta dan sepeda jadul lainnya. Dalam segi perawatan pentil ini lebih mudah kempes karena hanya menggunakan karet untuk menahan angin.

Saat karet pentil sudah getas sobat perlu mengantinya dengan yang baru agar tidak mudah kempes.

  • Pentil schrader
    Presta VS Schrader
    Presta VS Schrader

Pentil model schrader ini adalah pentil yang banyak digunakan pada sepeda dan kendaraan lainnya.

Pentil model ini menggunakan peer untuk penahan angin sehingga tekanan udara hanya terbatas saja. Saat pengisian angin jenis pentil ini lebih bagus karena angin yang keluar lebih sedikit.

  • Pentil presta

Pentil presta menggunakan sistem baut untuk metode pengunciannya agar lebih kuat. Tak heran bila jenis presta valve mampu menahan tekanan udara sampai 100psi lebih.

Pentil presta ini banyak digunakan di negara Eropa. Saat pengisian angin pentil jenis ini lebih banyak mengeluarkan angin karena metode pengunciannya masih manual. Untuk bentuknya pentil model presta valve ini lebih panjang dari yang lain.

3. Cari yang menggunakan gauge tekanan

Gauge Pump Meter
Gauge Pump Meter

Setiap ban yang digunakan memiliki rekomendasi tekanan yang disarankan dari pabrikan ban sepeda. Selain itu sobat juga perlu mempertimbangkan bobot rider juga agar ban yang digunakan kuat menahan semua beban.

Metode pencet ban saat memompa tidak bisa jadi patokan susah sesuai yang direkomendasikan atau belum. Untuk itu sobat bisa mencari pompa yang memiliki gauge meter untuk mengukur tekanan ban sepeda.

4. Pilih dual purpose pompa

Pompa dual purpose adalah jenis pompa yang memiliki 2 sisi fungsi yang berbeda. Biasanya sisi 1 untuk jenis pentil schrader dan satunya untuk jenis presta valve.

Tetapi pompa jenis ini harganya lebih mahal jika dibandingkan pompa biasa. Solusi lain sobat bisa membeli adaptor presta valve yang harganya lebih murah.

5. Sesuaikan budget

Nah tips membeli pompa sepeda yang terakhir adalah masalah budget. Jika sobat memiliki budget lebih bisa membeli satu floor pompa untuk kebutuhan dirumah dan satu hand/portable pump untuk keperluan gowes keluar rumah.

Selain itu pastikan saat membeli pompa pastikan yang berkualitas, ini akan berasa saat proses pengisian angin. Merk yang kami rekomendasikan seperti Topeak, Lezyne, Entity, Zefal, Polygon, United dan lainnya.  

Harga Pompa Sepeda

Harga pompa sepeda bervariasi tergantung jenis, bahan dan merk. Untuk sobat yang memiliki budget pas-pasan, kami lebih merekomendasikan membeli pompa sepeda united. Dari segi harga pompa united ini terbilang terjangkau tetapi kualitasnya bisa diandalkan.

Saya juga sudah menggunakan floor pump united awet sampai sekarang dan tidak ada kendala sama sekali.

Pompa Sepeda United
Pompa Sepeda United

Pompa Sepeda United, Cek Disini !

Selain pompa merk united, sobat bisa mencarinya di Bukalapak atau marketplace lain karena disana tersedia banyak sekali pompa dengan berbagai merk dan harga yang menarik. 

Rekomendasi Pompa Sepeda Murah di Bukalapak

Terima kasih

 

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *