Cidera Saat Bersepeda, Konsultasi Dokter Dengan SehatQ.com Saja

Olahraga bersepeda kini semakin digemari banyak kalangan mulai dari anak-sampai orang tua. Setiap sore hari atau pas akhir pekan banyak para penghobi sepeda yang berolahraga.  Sama seperti jenis olahraga lainnya, bersepeda juga memiliki resiko cidera.

Memang cidera dalam olahraga bisa di antisipasi asal sobat sudah tahu tekniknya. Bagi sobat yang belum tahu nampaknya harus banyak belajar dan membaca lagi tentang cidera-cidera dalam berolahraga, terutama bersepeda. Untuk sobat yang masih bingung saat mengalami cidera, alangkah baiknya bisa berkonsultasi dengan dokter yang sudah berpengalaman, bukan konsultasi dengan orang awam.

Aplikasi SehatQ
Aplikasi SehatQ

SehatQ adalah aplikasi yang memungkinkan sobat bisa berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Ada lebih dari 6 ribuan dokter yang sudah bergabung dengan SehatQ yang siap menjawab semua keluhan yang sobat alami. Tenang saja disini juga tersedia dokter spesialis sesuai dengan keluhan yang sobat alami.

Cidera Saat Bersepeda

Balik lagi ke cidera saat bersepeda, tidak hanya jatuh atau tabrakan saja, ada cidera bersepeda lain yang sudah kami rangkum, berikut pembahasannya:

1. Patellar Tendonitis

Cidera saat bersepeda yang pertama ini disebabkan karena posisi sadel yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Biasanya ciri-ciri patellar tendonitis adalah sakit dibagian bawah tempurung lutut. Cidera ini membutuhkan waktu untuk sembuh sedikit lebih lama, karena posisinya berada pada sendi kaki. Cara mencegahnya usahakan posisi sadel sudah sesuai dengan postur badan.

2. Achilles Tendonitis

Achilles tendonitis adalah cidera yang berada pada bagian otot belakang mata kaki. Cidera ini terjadi karena inflamasi pada otot yang digunakan terlalu sering dan kurangnya pemanasan. Penyebab utamanya ada pada posisi sadel yang terlalu tinggi sehingga otot achilles tertarik atau bisa juga dari pemakaian sepatu yang kurang tepat.

Baca juga : Cara Memilih Pedal Sepeda

3. Patah Tulang Selangka dan Tangan

Cidera Saat Bersepeda
Cidera Saat Bersepeda

Tulang selangka dan tangan ini adalah bagian tulang yang rawan terhadap cidera, apalahi saat terjadi jatuh atau tabrakan. Cidera ini membutuhkan penanganan dokter secara cepat, karena tulang patah sangat rawan terhadap penyumbatan aliran pada darah. Untuk itu sobat bisa menginstall aplikasi SehatQ yang memiliki fitur untuk melakukan booking rumah sakit terdekat agar dapat segera tertangani.

Cara mencegah patah tulang saat bersepeda kuncinya adalah selalu berhati-hati dalam bersepeda. Selain itu saat terjadi tabrakan atau jatuh hindari menahan beban tubuh dengan tulang selangka dan tangan, karena rawan patah.

4. Saddle Sores

Saddle sores adalah salah satu cidera lecet yang terjadi pada daerah selangkangan karena bersepeda. Gesekan yang terus berulang saat bersepeda akan menyebabkan cidera pada area selangkangan. Meskipun hanya sebatas lecet saja, sobat perlu waspada karena ini beresiko infeksi lewat luka yang terbuka tadi. Jika sudah infeksi segeralah konsultasi dengan dokter agar segera tertangani dengan baik tidak semakin parah. Cara mencegahnya dengan menggunakan saddle yang pas. Selain itu selalu gunakan celana khusus untuk bersepeda, bukan celana kolor biasa atau malah celana berbahan jeans.

Cari Sepeda Murah? Cek Disini Aja!

5. Cidera Tulang Belakang

Posisi saat bersepeda biasanya adalah sedikit membungkuk kedepan. Posisi ini memiliki keuntungan posisi badan lebih aero sehingga hambatan angin bisa lebih minim. Tetapi dibalik itu ada resiko cidera saat bersepeda yaitu cidera tulang belakang. Saat bersepeda, tulang belakang akan lebih condong kedepan dengan menahan beban tubuh, jika sobat tidak hati-hati sangat rawan terjadi cidera.

Cidera ini bisa terjadi karena kurangnya pemanasan saat bersepeda atau posisi stang sepeda yang terlalu jauh sehingga tulang belakang tertarik. Jika sudah seperti ini segeralah beristirahat dan periksakanlah kepada dokter yang ahli, karena banyak syaraf yang ada pada tulang belakang.

Jika cidera saat bersepeda tersebut semakin parah, maka segeralah untuk pergi ke rumah sakit terdekat. Kini dengan aplikasi SehatQ sobat bisa mencari rumah sakit terdekat lengkap dengan alamat dan jam bukanya. Contoh saja jika rumah anda di Jakarta Selatan maka sobat tinggal memasukan di kolom pencarian “Rumah Sakit Jakarta Selatan” atau menggunakan filter lokasi dirubah ke Jakarta Selatan.

Rumah Sakit Jakarta Selatan
Rumah Sakit Jakarta Selatan

Untuk tambahan tips bersepeda untuk sobat Hobigowes sebelum bersepeda, usahakan untuk pemanasan terlebih dahulu agar semua otot tidak kaget sehingga terhindar dari cidera. Selain itu usahakan untuk selalu tidur malam yang cukup, karena ini nanti akan sangat terasa mudah sekali capek saat bersepeda kurang tidur. Tunggu apalagi segera tangani cidera yang sobat alami lewat aplikasi SehatQ sebelum semakin parah.

Terima kasih

 

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *