Tips Memilih Jenis Road Bike Yang Tepat

Tips Memilih Jenis Road Bike Yang Tepat –Bersepda merupakan salah satu kegiatan olahraga yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan tidak ada batasan umur, bisa dilakukan dari yang berusia muda hingga yang tua sekalipun. Apalagi olahraga sepeda ini adalah termasuk jenis olahraga dengan low impact sehingga lebih aman dari cidera. Agar hasilnya olahraga sepeda sobat maksimal, maka sobat gowes perlu memilih jenis sepeda road bike yang tepat.

Tips memilih jenis sepeda
Tips memilih jenis sepeda

Perlu diketahui bahwa sepeda balap atau road bike memiliki berbagai jenis tergantung untuk peruntukannya. Ada yang dikhususkan untuk track, balapan, jalanan atau blusukan ke jalanan yang kurang bagus. Jadi tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya yang paling penting adalah masalah budget kantong sobat. Jangan sampai membeli sepeda karena gengsi saja, tetapi yang terpenting adalah dari segi kemanfaatannya.

Jenis Sepeda Road Bike

Nah berikut ini pembahasan mengenai jenis sepeda balap yang ada dipasaran saat ini, berikut pembahasannya dibawah ini:

1. Endurance Bike

Endurance bike terbaik
Specialized Dolce 2019 endurance road bike – Evancycles.com

Endurance bike adalah jenis sepeda road bike yang didesain untuk kenyamanan dan durasi bersepeda yang lama. Geometri sepeda endurance biasanya lebih tegak jika dibandingkan dengan race bike. Secara kasat mata, sobat gowes bisa melihat dari bentuk frame bagian top tube yang lebih tinggi dan head tube yang lebih panjang. Sepeda endurance ini biasanya cocok bagi yang suka bersepeda lama atau untuk pemula, karena tidak terlalu nunduk sehingga badan tidak mudah capek.

2. Race (Performance) Bike

Race bike terbaik
Giant Propel Disc -Giant Bicycles

Jenis sepeda balap yang kedua adalah tipe race atau performance bike. Sepeda ini didesain untuk memaksimalkan kecepatan, sehingga banyak digunakan untuk balapan atau kompetisi. Geometri sepeda didesain lebih agresif dengan posisi berkendara yang lebih menunduk dengan tujuan agar lebih aerodinamis.

Konsekuensinya kenyamanan akan berkurang dan lebih mudah capek. Tetapi jika sudah terbiasa nantinya tubuh akan bisa beradaptasi dengan geometri race. Untuk ciri-cirinya sobat gowes bisa melihat dari bentuk frame dibagian top tube yang lebih rendah dan head tube lebih pendek.

3. All Rounder Bike

All rounder bike terbaik
Specialized Allez Elite – Specialized Bicycles

Tipe sepeda road bike yang ketiga adalah all rounder. Sepeda ini didesain dengan gabungan antara endurance dan race bike. Sehingga dari segi kenyamanan bisa didapatkan dan dari segi kecepatan juga tidak ketinggalan. Sepeda all rounder ini paling cocok untuk penghobi sepeda karena lebih fleksibel dan tidak perlu memiliki 2 sepeda yang berbeda tipe.

4. Time Trial atau Trialthon Bike

Sepeda Time Trials Terbaik
Canyon Speedmax CF – Cyclingweekly

Tipe sepeda yang keempat adalah murni untuk kompetisi. Dari segi desain dibuat dengan rangka yang pipih agar lebih aerodinamis. Dibagian handle bar menggunakan aero bar, tujuannya agar bisa mendapatkan posisi lebih aero, sehingga posisinya badan lebih menunduk.

Pada bagian wheelset menggunakan rim dengan profil tinggi, dibagian wheelset belakang mengguankan wheel dop dengan tujuan agar lebih aerodinamis. Untuk berat sepeda time trial ini biasanya memiliki berat yang ringan dan harga sepeda ini tergolong mahal.

5. Track Bike

Track Bike Terbaik
Cervelo T4 – Velonews.com

Sepeada balap track merupakan sepeda balap khusus, kenapa khusus? Karena untuk bisa menggunakan sepeda ini harus menggunakan lintasan khusus seperti velodrome. Bentuk velodrome biasanya lintasan memutar mirip seperti pada balapan mobil nascar.

Harga sepeda track ini tergolong mahal, sebanding dengan harga sepeda TT.  Pada sepeda track biasanya hanya mengguankan single speed saja, jadi tidak ada jenis groupset road bike untuk sepeda yang umum kita ketahui. Gampangnya saja sepeda track ini seperi sepeda fixed gear atau fixie versi jalan rayanya.

6. Cyclocross Bike

Cyclocross Terbaik
Cannondale Super X – Bikeradar.com

Cyclocross merupakan salah satu jenis road bike yang tergolong baru, memang munculnya belum begitu lama dan pilihan sepedanya belum sebanyak road bike. Sepeda cyclocross ini biasanya diperlombakan di track lintasan pendek dengan banyak putaran lap. Medannya biasanya terdiri dari jalan setapak, rerumputan, perbukitan, tanakan dan turunan curam, halang rintang dan lain sebagainya. Gambaran gampangnya cyclocross ini adalah motorcross tetapi menggunakan sepeda bukan menggunakan motor.

7. Gravel Bike

Gravel Bike Terbaik
Specialized S-Works Diverge

Yang terakhir adalah jenis sepeda gravel. Sepeda gravel ini mengakomodir bagi sobat yang suka bersepeda di on-road dan off-road sekaligus. Gravel bike juga didesain lebih kuat dari road bike tetapi lebih cepat daripada mountain bike (MTB). Sepeda gravel ini biasanya memiliki riding position yang relax dengan ukuran ban yang lebih lebar. Ciri lainnya kebanyakan gravel bike menggunakan disk brake agar lebih aman ketika lewat jalanan off-road.

Nah bagaimana? Apakah sobat gowes sudah menemukan jenis road bike yang tepat untuk sobat? Jika sudah silahkan datang ke toko sepeda di kota sobat. Agar lebih tepat dalam memiilih, tidak adal salahnya sobat membaca dahulu tentang tips memilih road bike yang sudah dibahas di artikel lainnya. Dengan menggunakan sepeda yang tepat, sobat gowes bisa memaksimalkan kemampuan sepeda yang dimiliki.

Demikian pembahasan mengenenai tips memilih road bike yang tepat sekedar tips agar gowesnya lebih semangat, jangan lupa untuk mencari teman sehobi sepeda agar kegiatan bersepeda lebih ramai dan menyenangkan.

Jangan lupa share kepada teman-teman sobat agar bermanfaat untuk semuanya.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

2 comments

  1. Assalamualaikum warrahmahtullahi wabarakaruh,
    Bang kalau jenis yang nomer 1 dan nomor 2 di modif ke yang nomer 3 cocok ga ya (gear,hub,disbrake) ke frame nya😎😎😎,
    Makasih bang infonya

    Wasalamualikum

    • Eril Obeit Choiri

      di modif gmn maksudnya bang? all rounder mau pake WS ga tinggi apa gmn saya kurang faham maksud pertanyaanya hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *