Penggemar Sepeda, Ini Dia Tips Merakit Sepeda Gravel Bike

Bagi Kamu penggemar sepeda yang mendambakan sepeda tangguh, sepeda gravel bike bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, sepeda gravel bike ini mampu menaklukkan berbagai medan. Baik pada medan ringan sampai medan yang ekstrim. 

Sebelum mengulas lebih dalam mengenai tips merakit sepeda gravel bike, sebaiknya simak dulu penjelasan tentang seluk beluk sepeda gravel bike.

Apa itu gravel bike? Gravel bike merupakan jenis sepeda yang memiliki bentuk khas road bike, namun dapat dipasangi ban dengan lebar hingga 40 mm dan disc brake pada sepeda off road.

Itulah mengapa sepeda ini bisa dipakai dengan fleksibel pada medan ringan maupun off road. Dengan demikian Kamu bisa cukup berhemat, sebab seperti memiliki dua jenis sepeda yang berbeda.

Tips Merakit Sepeda Gravel Bike

1. Memilih Frame Set

Cannondale Topstone
Cannondale Topstone

Tips merakit sepeda gravel bike yang pertama adalah memilih frame. Dalam pemilihan frame untuk jenis sepeda ini tidak dituntut untuk membuat sepeda menjadi ringan. Melainkan ketangguhanlah yang menjadi prioritas utama. 

Seperti pada kebanyakan jenis sepeda lain, sepeda gravel bike ini bisa menggunakan bahan frame sepeda seperti carbon, steel, aluminium, bahkan titanium.

Hal tersebut tentu akan menjadi keuntungan bagi Kamu yang ingin merakit sepeda gravel bike. Sebab dengan begitu Kamu bisa memilih frame karbon yang pada umumnya dapat dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sungguh menarik, bukan?

Cek Rekomendasi Frame Gravel Bike

2. Memilih Group Set

Sesuai dengan kemampuannya yang tangguh dalam segala medan, sudah barang tentu Kamu seharusnya mempertimbangkan pemilihan groupset yang handal.

Namun, satu lagi yang menjadi keunggulan sepeda gravel bike ini adalah Kamu tidak perlu repot-repot membeli groupset yang ringan maupun eksotis.

Salah satu hal yang perlu Kamu perhatikan dalam merakit sepeda gravel bike yaitu penggunaan disc brake. Pastikan lengkapi sepeda gravel bike Kamu dengan disc brake. 

SRAM Groupset
SRAM Groupset

Agar sepeda gravel bike Kamu mampu menerjang medan yang ekstrim. Banyak sekali brand yang mengeluarkan groupset. Namun, harga yang mahal belum tentu tahan dengan medan off road.

Sebagai bahan pertimbangan, groupset keluaran Shimano sudah cukup bagus. Atau Ultegra juga bisa dijadikan pilihan untuk membeli groupset. Ultegra merancang groupset untuk berbagai medan. Pada umumnya Ultegra ditawarkan sepaket dengan sproket belakang 11-34. Sebab, medan all road akan menuntut untuk sproket yang lebih besar.

Jika memilih SRAM, untuk SRAM Force sudah sangat istimewa. Pada SRAM ini terdapat sistem one-by yang artinya hanya memerlukan satu chainring di depan. Dengan demikian, Kamu mendapat satu keuntungan lagi, sebab hal itu akan mengurangi komponen yang berpotensi rusak saat digunakan melewati medan yang berat.

Dalam merakit sepeda gravel bike ini Kamu bisa memilih pakai groupset elektronik. Memang jenis group set elektronik ini akan meningkatkan presisi komponen. Sebabnya, komponen pada group set elektronik dapat melakukan penyesuaian otomatis pada part yang ada untuk mempertahankan konsistensi serta presisi.

Akan tetapi kekurangannya adalah sepeda gravel bike Kamu tidak dapat melewati sungai dan jalan berbatu.

Rekomendasi Groupset Gravel

3. Melengkapi Komponen dan Aksesori

Sekali lagi, prinsip utama dalam merakit sepeda gravel bike adalah berpegang pada ketangguhan. Namun, untuk komponennya direkomendasikan untuk tidak terlalu banyak memilih komponen berbahan karbon.

Sebagai alternatifnya Kamu bisa memakai handlebar dan stem alloy. Sepeda Kamu tersebut akan tahan jika terhantam atau jatuh. Dalam memilih handlebar sebaiknya memilih bentuk yang flare atau melebar pada bagian drop.

Gravel Bike Aksesoris
Gravel Bike Aksesoris

Hal itu akan membantu pegangan Kamu lebih kuat ketika melewati medan ekstrim. Bisa juga dengan melengkapinya dengan bartape yang tebal dan lengket.

Untuk pemilihan sadel sebaiknya memilih jenis rail allow atau metal. Demikian juga untuk komponen bottle cage, pilih yang metal dengan model yang simple. Sebab, akan lebih tangguh dan bisa menggigit saat melewati medan ekstrim.

Sementara untuk pedal bisa disesuaikan dengan selera Kamu. Pada umumnya pedal normal road dipilih jika lebih sering bersepeda pada on road. Jika lebih sering bersepeda pada medan offroad, sebaiknya pasanglah pedal MTB.

Tonton Video Tips Merakit Sepeda Gravel dari Malc and Ray

Baca juga : Rekomendasi Aksesoris Sepeda Wajib Dibeli

4. Memilih Wheelset

Terakhir, pemilihan wheelset sepeda inilah yang paling membuat Kamu harus benar-benar menentukan dengan seksama. Pemilihan wheelset ini tidak lepas dari medan mana yang ingin Kamu libas. Apakah menginginkan medan on road ataupun off road.

Roval Wheelset
Roval Wheelset

Sebagai rekomendasi, wheelset alloy disc brake yang jenis standar sudah cukup bagus. Kamu tinggal upgrade pada pemilihan ban untuk sepeda gravel bike kesayangan. Selain itu, wheelset alloy disc brake standar memiliki harga yang cukup terjangkau.

Rekomendasi Wheelset Gravel Bike

Secara keseluruhan, tips merakit sepeda gravel bike tentu disesuaikan dengan tujuan Kamu dalam menggeluti kegiatan bersepeda. Selain itu, bisa dikatakan biaya rakit gravel bike murah jika dibandingkan dengan jenis sepeda off road lainnya. 

Jika Kamu mencari rekomendasi gravel bike Indonesia, Kamu bisa memberli gravel bike Polygon seri Bend RV.

Sangat menarik, bukan? demikian pembahasan artikel dari Hobigowes.com, jika ada pertanyaan atau rekomendasi artikel silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *