Perlukah Menggunakan Sarung Tangan Saat Bersepeda?

Saat berolahraga menggunakan sepeda, pastinya keselamatan menjadi salah satu hal yang harus diutamakan. Ada banyak aksesoris sepeda dan piranti keselamatan yang harus digunakan, walaupun bersepeda jarak dekat sekalipun karena jauh dekat kita bersepeda aspal jalanan tetaplah keras.

Masih banyak para goweser yang mengabaikan hal ini, karena memang sudah menjadi kebiasaan. Beberapa perlengkapan sepeda yang wajib digunakan saat bersepeda seperti helm, kacamata, jersey lengkap, sepatu sepeda dan sarung tangan. Dari kesemuanya itu nampaknya sarung tangan sepeda menjadi perlengkapan yang banyak ditinggalkan.

Alasannya entah itu karena tidak nyaman atau membuat tangan menjadi gerah. Dalam penggunaan sarung tangan juga tidak boleh asal, jangan sampai sarung tangan sepeda motor sobat gunakan untuk bersepeda.

Walaupun sama-sama sarung tangan tetapi peruntukannya sudah berbeda. Harga sarung tangan sepeda saat ini juga murah sebanding dengan fungsi yang dimilikinya. Agar sobat tidak salah dalam memilih sarung tangan sepeda, kami berikan pembahasan mengenai jenis-jenis sarung tangan sepeda.

Jenis Sarung Tangan

Ada dua jenis sarung tangan sepeda yang ada dipasaran saat ini yaitu model full fingers dan fingerless. Berikut perbedaan keduanya:

1. Sarung tangan full finger

Sarung Tangan Fox
Sarung Tangan Fox

Sarung tangan sepeda full finger adalah jenis sarung tangan yang menutup sampai semua ujung jari. Biasanya model seperti ini ditemui pada sarung tangan sepeda MTB dan genre sepeda yang berbahaya lainnya seperti downhill, XC, BMX dan sejenisnya.

Sarung tangan full finger ini memberikan keamanan menyeluruh pada semua telapak tangan sampai ujung jari saat terjadi kecelakaan. Untuk harga sarung tangan sepeda gunung seperti ini umumnya lebih mahal daripada model half finger. 

2. Sarung tangan half finger

Half finger Giro
Half finger Giro

Sarung tangan sepeda yang kedua adalah model half finger. Sarung tangan seperti ini lebih nyaman saat digunakan bersepeda karena pada bagian ujung jari terbuka sehingga tidak panas dan penggunaannya lebih ke olahraga sepeda yang lebih aman.

Harga sarung tangan sepeda half finger biasanya lebih mudah dibandingkan full finger. Beberapa merk sarung tangan sepeda yang memiliki kualitas bagus seperti Giro, Castelli, Pearl Izumi, FOX dsb dan di Indonesia ada merk seperti Avelio.

Sarung Tangan Import Murah, Cek Disini Bro !

Sudah tau kan perbedaan antara kedua jenis sarung tangan gowes tersebut? Jika sudah waktunya kita mengetahui apa sebenarnya manfaat menggunakan sarung tangan sepeda itu.

Manfaat Sarung Tangan

Ada beberapa manfaat sarung tangan sepeda yang kami kumpulkan dari berbagai sumber di Internet, berikut daftarnya:

  • Sebagai peredam getaran

Desain sarung tangan sepeda yang dijual saat ini dengan memiliki bantalan pada telapak tangan berfungsi sebagai peredam getaran pada handlebar sepeda. Bantalan yang ada saat ini umumnya menggunakan bahan busa, karet atau yang paling bagus menggunakan bahan gel.

Fungsi dari bantalan ini adalah untuk peredaman getaran terutama untuk jalanan yang tidak rata. Untuk sobat yang merasa tangan sering kesemutan atau cepat lelah, cobalah untuk memakai sarung tangan sepeda yang memiliki bantalan, rasakan bedanya pasti lebih nyaman.

Untuk sobat yang menggunakan sepeda gunung dengan trek ekstrim sudah barang wajib untuk menggunakan sarung tangan, termasuk juga bagi yang gowes rute jalanan raya juga perlu menggunakan sarung tangan.

  • Perlindungan kulit tangan
    Perlindungan kulit tangan
    Perlindungan kulit tangan

Bila sobat gowes terbiasa bersepeda dengan durasi lama tanpa menggunakan sarung tangan, maka kulit telapak tangan akan memerah, kapalan bahkan sampai lecet-lecet. Ini terjadi karena kulit pada tangan langsung bersentuhan dengan handlebar sepeda yang memiliki getaran tanpa ada peredam bantalan pada sarung tangan.

Selain itu dengan sarung tangan bisa menghindarkan tangan Anda terbakar oleh terik matahari sehingga menjadikannya belang.

  • Perlindungan saat terjadi kecelakaan

Saat terjadi kecelakaan atau terjatuh, reflek pertama pasti tangan yang berusaha untuk menopang anggota badan. Tetapi jika tidak menggunakan sarung tangan maka resiko untuk tangan terluka menjadi lebih besar. Disinilah peran penting sarung tangan untuk perlindungan saat terjadinya kecelakaan.

  • Menjaga suhu tangan

Cuaca yang kadang berubah dengan cepat memaksa kita untuk selalu menggunakan piranti keselamatan salah satunya sarung tangan yang bisa menjaga suhu tangan.

Untuk Anda yang suka gowes menanjak di pegunungan pasti musuh utamanya adalah udara dingin, agar tangan tetap hangat menghindarkan dari kram maka lebih baik untuk menggunakan sarung tangan sepeda.

  • Pengendalian sepeda

Sarung tangan sepeda sudah didesain memiliki grip yang bagus terhadap handlebar sepeda. Jika sobat tanpa menggunakan sarung tangan saat berkeringat, maka handlebar akan menjadi licin sehingga pengendalian sepeda menjadi berkurang. Nah dengan adanya sarung tangan ini pengendalian sepeda akan lebih mudah dan aman.

  • Fashion
    Sarung tangan Castelli
    Sarung tangan Castelli

Selain fungsinya untuk safety, sarung tangan bisa menjadi salah satu fashion dalam bersepeda. Jersey sepeda, helm sepeda, kacamata sepeda, sepatu cleat pasti membuat penampilan seorang pesepeda menjadi meningkat, apalagi dengan ditambah sarung tangan pasti akan membuat penampilan seorang menjadi lebih keren.

Cari Sarung Tangan Sepeda, Cek Sekarang Disini !

Jadi Perlu Menggunakan Sarung Tangan Sepeda?

Nah yang terakhir jadi perlu menggunakan sarung tangan sepeda atau tidak? Jawabnya dari tim Hobigowes.com perlu sekali. Dilihat dari segi manfaatnya sarung tangan memiliki banyak kemanfaatan terutama untuk keselamatan dan kenyamanan dalam bersepeda.

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, cukup dengan modal ratusan ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan sarung tangan berkualitas.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *