Tips Memilih Kacamata Sepeda

Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang mengasyikan. Selain mengasyikan, olahraga sepeda juga bermanfaat untuk kesehatan dan bisa dinikmati oleh semua usia dari yang kecil sampai yang tua. Bahkan saat ini sudah banyak yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan.

Dalam melaksanakan olahraga sepeda sobat juga harus memperhatikan faktor keselamatan dan kenyamanan. Salah satunya adalah menggunakan kacamata sepeda. Fungsi kacamata sepeda ini bukan untuk gaya-gayaan, tetapi lebih fungsi kepada keamanan dan kesehatan mata. Tetapi saat ini memang sudah banyak kacamata sepeda yang memiliki desain menarik dan modis, tetapi perlu dicatat jangan sampai mengalahkan dari fungsi sebenarnya dari kacamata sepeda.

Tips Memilih Kacamata Sepeda
Tips Memilih Kacamata Sepeda

Penggunaan kacamata sepeda ini akan menghindarkan mata dari debu, kotoran, hewan beterbangan, paparan dan radiasi sinar matahari. Sebuah penelitian membuktikan bahwa terkena paparan sinar matahari yang lama akan menyebabkan resiko katarak penyebab kebutaan total 3 kali lipat lebih besar. Itulah sebabnya pengunaan kacamata ini menjadi hal yang penting untuk menghindari hal-hal seperti diatas. Ada berbagai merk kacamata sepeda yang beredar dipasaran saat ini seperti kacamata sepeda polygon, kacamata Oakley, kacamata Rockbros, kacamata sepeda 100%, kacamata sepeda POC, kacamata sepeda Rudy Project dan masih banyak lagi.

Tips Memilih Kacamata Sepeda

Sebelum membeli kacamata sepeda, ada baiknya sobat perlu mengetahui dulu tips memilih kacamata sepeda yang benar, berikut tipsnya:

1. Warna Lensa

Ada berbagai warna lensa kacamata yang dijual saat ini, kalau dulu hanya ada warna transparan dan hitam, kini kacamata sepeda memiliki warna yang beragam. Jangan asal memilih warna karena suka saja, tapi pilihlah warna sesuai fungsinya. Berikut warna lensa kacamata berdasarkan fungsinya:

Warna Lensa Kacamata
Warna Lensa Kacamata

– Abu-abu, warna ini cocol untuk aktivitas olahraga diluar ruangan saat siang hari. Fungsi warna abu-abu ini akan mengurangi cahaya matahari yang terik, selain itu warna abu-abu ini tidak akan merubah warna asli benda yang sedang sobat lihat.

– Coklat, lensa warna coklat bisa menyaring cahaya warna biru, sehingga meningkatkan kontras, ketajaman visi dan tidak silau. Sehingga kacamata coklat lebih cocok untuk lingkungan yang berkabut, udara tercemar dan sejenisnya.

– Kuning, kacamata warna kuning lebih cocok untuk lingkungan yang gelap atau dipakai malam hari.

– Hijau, jika sobat memperhatikan saat balap sepeda kelas dunia, kebanyakan warna lensa yang digunakan hijau. Warna hijau akan memberikan kesejukan, menyerap panas sehingga cocok dipakai untuk siang hari.

– Biru, lensa warna biru mampu menyaring cahaya biru dari sinar matahari yang dipantulkan dari langit atau dari laut. Lensa ini juga cocok untuk kacamata bersepeda waktu siang hari.

– Pink dan Merah, lensa warna ini bisa membuat mata menjadi nyaman karena bisa menurunkan tingkat kesilauan cahaya. Lensa jenis ini cocok untuk kegiatan bersepeda atau berada didepan layar komputer.

Kacamata Sepeda Murah, Cek Sini Aja !

2. Perlindungan Sinar Ultra Violet

Hampir semua kacamata sepeda mtb, kacamata sepeda balap, dan kacamata lainnya menawarkan perlindungan dari sinar ultraviolet. (sinar UVA dan UVB). Untuk tingkat perlindungannya tergantung dari produsen kacamata. Semakin mahal sobat akan mendapatkan kacamata yang tahan dengan sinar ultraviolet.

3. Jenis Lensa

Lensa Kacamata Sepeda
Lensa Kacamata Sepeda

Ada beberapa jenis bahan lensa kacamata sepeda seperti polycarbonate, CR-39, plastik dan kaca. Tetapi untuk jenis kacamata sepeda saat ini banyak yang menggunakan bahan polycarbonate, karena alasan lebih kuat, ringan dan tipis. Untuk lensa yang murah biasanya menggunakan bahan plastik yang kurang optimal dalam penolakan terhadap sinar ultraviolet.

4. Frame Kacamata

Kacamata sepeda jarang yang menggunakan bahan logam, kebanyakan menggunakan bahan polycarbonate atau plastik. Selain itu pilihlah ukuran frame yang sesuai, tujuannya agar saat bersepeda kacamata nyaman digunakan dan tidak jatuh. Untuk model frame kacamata usahakan yang bisa ditaruh dihelm sepeda, jadi saat tidak ingin dipakai kacamata bisa diletakan dihelm sepeda. Sobat perlu tahu dulu cara memilih helm sepeda yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

5. Jenis Kacamata Sepeda

Perbedaan Kacamata Sepeda
Perbedaan Kacamata Sepeda

Cari Kacamata? Cek Dulu Disini !

Setiap genre sepeda memiliki jenis kacamata yang berbeda. Contoh saja genre sepeda balap memiliki kacamata sepeda yang berbeda dengan genre sepeda downhill. Jadi sobat harus tau perbedaan-perbedaan tiap kacamata sepeda. Selain itu dalam pemilihan jersey sepeda juga harus sesuai dengan peruntukannya, jika sobat belum tahu silahkan buka artikel kami sebelumnya tentang tips membeli jersey roadbike yang harus kamu tahu.

Ada yang bilang bahwa saat bersepeda menggunakan kacamata kegantengan otomatis akan meningkat. Tetapi fungsi kacamata yang utama tetap untuk keamanan mata dan yang kedua barulah untuk menunjang penampilan. Bagaimana apakah sobat sudah merencanakan beli kacamata sepeda?

Nah demikian pembahasan mengenai tips memilih kacamata sepeda yang baik, jika ada tambahan atau koreksi silahkan dituliskan dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *