Ternyata Ini 7 Penyebab Rantai Sepeda Sering Lepas

Pernahkah saat sobat sedang asik bersepeda di jalan tiba-tiba rantai lepas? Tentu ini sangat menjengkelkan. Untuk memasangnya rantai kembali sobat harus rela untuk berkotor ria dengan pelumas sepeda, tentu ini tidak mengenakan sekali.

Rantai sepeda merupakan komponen penting dalam sepeda yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari putaran crank menuju sproket belakang.

Saat rantai terlepas, otomatis tidak ada tenaga yang disalurkan ke roda belakang sepeda, dan saat itulah waktunya untuk sobat mengembalikan rantai seperti semula.

Lalu timbul pertanyaan, sebenarnya apa penyebab rantai sepeda sering lepas? Sobat perlu memperbaiki ini karena siapa yang mau saat bersepeda rantai lepas berkali-kali. Nah pada kesempatan ini kami sudah merangkum7 penyebab rantai sepeda sering lepas. Berikut pembahasannya:

Penyebab Rantai Sepeda Sering Lepas

Rantai Sepeda Mudah Lepas
Rantai Sepeda Mudah Lepas

1. Rear Derailleur (RD)

Pada kebanyakan sepeda yang sudah menggunakan percepatan gigi, posisi RD menjadi salah satu penyebab rantai sepeda lepas. Penyebabnya karena baut pembatas RD atau limit screw setting nya belum benar.

Pada bagian RD terdapat 2 baut untuk mengatur, bagian atas berkode ‘H’ untuk mengatur batas sprocket paling besar dan baut bagian bawah berkode ‘L’ untuk mengatur batas sprocket paling kecil. Nah agar saat pemindahan gigi rantai belakang tidak lepas, sobat perlu mensetting limit screws ini terlebih dahulu.

Caranya dengan memposisikan pada sproket terakhir kemudian baru seting bautnya. Jangan lupa untuk dicoba terlebih dahulu pastikan perpindahan gigi berjalan dengan lancar.

2. Front Derailleur (FD)

FD juga masalahnya sama yaitu settingnya kurang pas. Untuk itu sobat bisa melakukan setting terlebih dahulu pada bagian 2 baut FD. Pastikan posisinya pas sehingga saat perpindahan rantai tidak bablas.

3. Kabel shifter kendor

Kabel shifter kendor juga bisa menjadi penyebab rantai lepas. Saat kabel shifter kendor otomatis setting FD dan RD sepeda akan bergeser dari posisi semula, sehingga sangat rawan sekali membuat rantai lepas saat pemindahan gigi.

Solusinya sobat bisa mengencangkan kembali baut kabel shifter kemudian setting ulang pada 2 baut FD dan RD sepeda.

4. Kondisi rantai

Rantai aus menandakan usia masa pakai rantai sudah habis. Akibatnya gigitan rantai pada sprocket dan chainring kurang maksimal sehingga sangat mudah untuk lepas.

Sebaiknya untuk melakukan cek rutin terhadap rantai secara berkala agar memastikan rantai masih layak pakai.

Cek Rantai Sepeda
Cek Rantai Sepeda

Untuk mengecek apakah rantai sepeda sobat sudah waktunya ganti atau belum yang paling pas adalah dengan mengukur santai langsung. Sobat bisa menggunakan checker rantai sepeda agar lebih akurat.

Selain itu ada cara yang lebih simpel yaitu pindahkan rantai pada chainring paling besar dan sproket paling bawah/kecil, kemudian tarik rantai pada bagian chainring apakah sudah melar atau belum.

5. Chainring dan Sproket

Tanda yang paling mudah dirasakan adalah rantai sering lompat pindah-pindah sendiri. Selain itu sobat bisa melihat secara langsung pada chainring dan sproket yang sudah aus adalah yang lebih tipis dan memiliki ujung yang tajam. Nah kalau sudah seperti ini tandanya sobat perlu membeli chainring dan sproket baru.

6. Kurang pelumas

Segala part yang bergerak itu membutuhkan pelumasan. Termasuk rantai sepeda ini, apalagi jika sepeda sobat sering dipakai sehari-hari atau terkena hujan, lama kelamaan rantai akan kering dan kaku yang mengakibatkan mudah lepas. Untuk itu pastikan memberikan pelumasan rantai yang rutin secara berkala.

7. Salah pemasangan

Sprocket Aus
Sprocket Aus

Penyebab rantai sepeda mudah lepas yang terakhir adalah karena salah pemasangan rantai sepeda. Beberapa hal yang biasa terjadi diantaranya membeli rantai salah tipe contohnya rantai 11 speed dipakai untuk 10 speed.

Selain itu ada juga terbalik dalam pemasangan rantai, contoh untuk merk shimano yang ada tulisan shimano berada pada bagian depan dan untuk yang polos berada pada bagian belakang.

Rantai Sepeda Murah, Cek Disini Sekarang!

Cara Memasang Kembali Rantai Sepeda

Saat rantai sudah lepas, mau tidak mau sobat harus memasangnya kembali. Untuk sobat yang belum tahu cara memasang rantai sepeda, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Periksa rantai terlebih dulu

Saat rantai terlepas, pastikan dulu ada kerusakan atau tidak entah itu bagian RD, FD atau rantai putus.

2. Balik sepeda

Agar memudahkan saat pemasangan, jika sobat sedang gowes dengan rombongan bisa minta tolong salah satu untuk memegang sepeda. Tetapi saat gowes sendiri cara termudah adalah dengan membalik sepeda. Dengan cara ini sobat akan lebih mudah memasang rantai sepeda.

3. Perhatikan posisi gigi sepeda

Cek dulu posisi gigi pada bagian chainring dan sproket sepeda saat terakhir, jangan salah memasang posisi gigi sepedanya.

4. Dorong RD

Karena rantai sepeda yang kencang, sobat perlu mendorong RD kearah depan agar memudahkan saat pemasangan. Ini dilakukan agar rantai lebih kendor sehingga lebih mudah memasangnya.

5. Pasang rantai

Nah yang terakhir tinggal memasang rantainya kembali.

Rantai Sepeda
Rantai Sepeda

Bagaimana apakah sobat sudah tau penyebab rantai sepeda sering lepas dan cara memasang rantai sepeda? Pastikan juga untuk menggunakan merk rantai sepeda yang sudah terbukti kualitasnya seperti Shimano, SRAM, Campagnolo, YBN, KMC, Connex dll.

Jangan lupa untuk selalu melakukan cek berkala pada sepeda, tidak hanya pada bagian rantai sepeda saja tetapi semua part yang ada pada sepeda agar saat gowes tidak mengalami trouble.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *