Tips Memilih Road Bike Yang Paling Pas (Update)

Tips memilih road bike yang paling pas – Olahraga bersepeda, khususnya road bike akhir-akhir ini semakin populer di kalangan masyarakat baik pria maupun wanita.

Ditunjang dengan semakin banyaknya pilihan sepeda balap mulai dari kelas bawah sampai kelas atas dan produsen-produsen sepeda lokal seperti polygon, united, thrill, pacific dan lainnya yang memiliki line up sepeda road bike mulai dari harga jutaan hingga puluhan juga.

Sepeda road bike untuk pemula cocoknya adalah yang memiliki harga yang kelas menengah kebawah, karena road bike yang murah cocok untuk

membeli roadbike impian
membeli road bike impian

Agar anda tidak salah memilih road bike, tentukan terlebih dahulu jenis sepeda road bike yang akan anda beli sesuai dengan kebutuhan. Selain itu anda perlu memperhatikan tips memilih road bike yang paling pas terlebih dahulu.

Kenapa harus memilih yang pas? Karena belum tentu sepeda yang bagus dan mahal pas untuk anda. Berikut beberapa tips penting yang harus sobat gowes ketahui:

Tips Memilih Road Bike

  • Ukuran Badan

cara bike fitting untuk roadbike

Tips memilih sepeda balap yang pertama adalah memilih ukuran road bike yang tepat. Biasanya setiap merk sepeda sudah memberikan size chart untuk setiap ukuran tinggi badan. Semakin tinggi berarti ukuran sepeda road bike akan semakin besar begitu juga sebaliknya.

Dalam memilih ukuran ini salah satu hal yang vital, lebih baik konsultasi kepada teman yang lebih faham atau menggunakan jasa bike fitting untuk menemukan ukuran sepeda balap yang paling pas.

  • Jenis Sepeda Road Bike

Sudah dijelaskan di lain, ada banyak jenis sepeda yang beredar dipasaran saat ini mulai dari endurance bike, race bike, all rounder bike, track bike, gravel bike, cycloross bike dan time trial bike.

Jangan melihat dari segi bentuknya saja, tetapi lihatlah fungsinya karena setiap sepeda memiliki fungsi yang berbeda-beda setiap jenisnya. Jika belum membaca silahkan buka artikel tips memilih jenis sepeda road bike.

  • Frame Sepeda (all rounder, aero atau climbing)

Ada 3 jenis frame yang banyak dijumpai di toko sepeda saat ini, ketiganya memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Untuk menentukannya bisa disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal anda dan kesukaan rute bersepeda.

Frame all rounder ini cocok untuk segala medan baik tanjakan atau jalan datar.

Frame aero ini cocok bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan dengan medan yang relatif datar, selain itu aero cocok bagi anda penyuka kecepatan saat gowes.

Frame climbing ini cocoknya bagi anda yang tinggal di daerah perbukitan, pegunungan atau yang suka rute menanjak. Umumnya frame climbing memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan frame all around maupun aero.

  • Memilih Groupset Road Bike

Road bike memiliki kasta groupset mulai dari yang kelas bawah hingga kelas atas. Merk groupset yang paling banyak digunakan saat ini adalah Shimano, Sram dan Campagnolo. Berikut daftar groupset yang diurutkan dari paling murah terlebih dahulu.

Tingkatan Groupset Shimano

shimano-ultegra groupset
shimano-ultegra groupset
  1. Shiamano Claris 8 Speed
  2. Shimano Sora 9 Speed
  3. Shimano Tiagra 10 Speed
  4. Shimano 105 11 Speed
  5. Shimano Ultegra 11 Speed
  6. Shimano Dura Ace 11 Speed
  7. Shimano Dura Ace Di2 11 Speed Electronic

Tingkatan Groupset Sram

SRAM Red eTap Groupset
SRAM Red eTap Groupset
  1. Sram Apex 10 Speed
  2. Sram Rival 11 Speed
  3. Sram Force 11 Speed
  4. Sram Red 11 Speed
  5. Sram Red eTap 11 Speed Electronic

Tingkatan Groupset Campagnolo

Campagnolo Record EPS Groupset
Campagnolo Record EPS Groupset
  1. Campagnolo Veloce 10 Speed
  2. Campagnolo Centaur 10 Speed
  3. Campagnolo Athena 11 Speed
  4. Campagnolo Chorus 11 Speed
  5. Campagnolo Record 11 Speed
  6. Campagnolo Super Record 11 Speed
  7. Campagnolo Athena EPS 11 Speed Electronic
  8. Campagnolo Record EPS 11 Speed Electronic
  9. Campagnolo Super Record EPS 11 Speed Electronic
  • Memilih Wheelset Road Bike

Wheelset adalah hal yang paling kerasa saat sepeda akselerasi. Semakin jelek wheelset sobat maka akan lebih berat pula saat akselerasi begitu sebalinya jika wheelset sobat bagus dan ringan maka akan semakin cepat pula saat melakukan akselerasi.

Ada 2 jenis wheelset yang ada dipasaran saat ini yaitu yang berbahan dasar allumunium dan karbon.

Jika sobat memiliki budget lebih sebaiknya membeli wheelset dengan kualitas bagus, bila perlu sekalian yang berbahan dasar carbon. Jika sobat suka jalan menanjak sebaiknya membeli wheelset dengan profil rendah dibawah 30mm agar lebih ringan.

Tetapi jika sobat suka kecepatan dan medan yang dilalui kebanyakan datar maka wheelset dengan profil tinggi diatas 40mm adalah pilihan yang tepat. Selain itu sobat juga perlu menentukan apakah membeli tipe wheelset yang biasa atau wheelset tubeless.

  • Memilih Saddle Road Bike

Patokan untuk memilih saddle road bike rada gampang-gampang susah.

Karena setiap orang memiliki bentuk bentuk pantat yang berbeda beda. Apalagi saddle ini nantinya akan berperang penting dalam menahan badan sobat, sehingga memilih saddle yang pas adalah hal wajib yang harus dilakukan. Mengutip dari brand saddle fizik, ada 3 cara mementukan saddle:

Snake (ular) – bagi sobat yang bisa menyentuh ujung jari kaki saat membungkuk

Chameleon (bunglon) – bagi sobat yang hanya bisa menyentuh tulang betis saat membungkuk

Bull (banteng) – bagi sobat yang hanya bisa menyentuh tulang dengkul saat membungkuk

Selain tiga tersebut diatas, perlu menentukan bahan saddle dan fleksibilitasnya.

  • Memilih Handle Bar Road Bike

Handle Bar Sepeda Balap
Handle Bar Sepeda Balap

Handle bar sepeda balap memiliki desain melengkung kebawah seperti tanduk domba.

Ada ukuran lebar yang harus disesuaikan dengan panjang lengan kiri sampai kanan sobat sebelum memilih handle bar yang tepat, ada ukuran panjang handle bar saat ini yang ada di pasaran 36cm, 38cm, 40cm, 42cm, 44cm dan 46cm. Selain itu ada model handle bar yang bisa sobat pilih yaitu konvensional, track dan drop

  • Memilih Stem Road Bike

Stem ini yang menentukan nunduk atau tidaknya posisi bersepeda sobat. Semakin panjang stem maka posisi sobat akan semakin menunduk, efeknya akan mudah pegal. Tetapi jika terlalu pendek maka sobat tidak akan mendapatkan posisi aerodinamis.

Untuk stem ini anda bisa mencoba mana ukuran yang paling pas dan nyaman untuk sobat. Selain itu ada derajat kemiringan stem yang harus sobat perhatikan saat membeli, ada yang model 0, -6, -7, -10, -17 dan lainnya.

  • Memilih Ban Road Bike

Memilih Ban Sepeda Roadbike

Ban menjadi komponen yang paling vital karena langsung bersentuhan dengan jalanan. Ada 3 jenis ban yang ada di pasaran saat ini, berikut daftarnya:

Clincher – jenis ban dengan ujung ban mengait ke bibir velg. Ban ini paling banyak dijumpai saat ini.

Tubular – Jenis ban antara ban dalam dan luar menjadi satu kesatuan. Untuk pemasangan membutuhkan lem perekat dan relatif lebih sulit dibanding yang lainnya.

Tubeless – ban yang tidak mebutuhkan ban dalam sehingga lebih ringan.

Baca juga Tips Memilih Ban Road Bike 

  • Budget

Nah yang terakhir adalah masalah budget, jika budget sobat tidak cukup maka semua akan sia-sia. Maka belilah sepeda road bike sesuai dengan budget yang sobat miliki.

Karena ada pepatah mengatakan bahwa “sepeda terbaik adalah sepeda yang kamu miliki”. Jadi maksimalkan sepeda yang sobat miliki dan perbanyak latihan.

Nah demikianlah pembahasan mengenai tips memilih road bike yang paling pas untuk sobat.

Perlu diketahui bahwa banyak yang berpendapat bahwa sepeda hanya mendapatkan porsi 30% dari keseluruhan faktor dalam olahraga bersepeda, sisanya adalah masalah skill dan kemampuan anda dalam berolahraga sepeda. Maka rajin-rajinlah latihan agar skill dan kemampuan sobat semakin meningkat

Jangan lupa share kepada teman-teman sobat agar bermanfaat untuk semuanya.

Terima kasih

 

About Hendri Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *