Panduan Memilih Ukuran Sepeda Yang Benar

Panduan memilih ukuran sepeda yang benar – Setiap melihat postingan di group facebook sepeda masih ada saja pertanyaan mengenai “Tinggi badan 170cm cocoknya ukuran sepeda berapa ya?”. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai panduan cara memilih ukuran sepeda yang benar untuk road bike, MTB dan sepeda lainnya.

Panduan Memilih Ukuran Sepeda Yang Benar
Panduan Memilih Ukuran Sepeda Yang Benar

Perlu diketahui bahwa size chart untuk setiap merk sepeda akan berbeda-beda, makanya anda tidak bisa menggunakan patokan ukuran sepeda dari salah satu merk saja. Contoh gampangnya sepeda road bike Polygon ukuran yang pas adalah 50, jika dibandingkan dengan ukuran sepeda specialized bisa jadi ukuran 52. Yang perlu anda lihat sebelum membeli sepeda adalah ukuran geometry chart sepeda tersebut, biasanya pada website resmi setiap merk sudah mencantumkan dengan jelas.

Yang paling menyedihkan adalah seseorang mendapatkan ukuran sepeda yang salah karena kurangnya informasi. Sebelum membeli sepeda paling aman anda harus bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman dalam dunia sepeda, hindari bertanya kepada orang yang salah. Jika sampai terjadi dalam pemilihan size chart ukuran sepeda yang salah mending dijual dibelikan yang baru sesuai dengan ukuran sepeda yang sesuai.

Ukuran Sepeda

Dibawah ini ada daftar tabel ukuran sepeda road bike, ukuran sepeda MTB, ukuran sepeda Cross, Tour, Comfort dan City yang bisa memberikan gambaran ukuran sepeda yang akan anda beli.

Tabel Memilih Ukuran Sepeda
Tabel Memilih Ukuran Sepeda

Perlu diketahui bahwa ukuran nantinya tidak akan jauh dari tabel ukuran sepeda diatas, biasanya kalau tidak naik satu ya turun satu size. Nah yang paling penting sebelum mendapatkan ukuran sepeda dewasa yang paling tepat adalah memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  1. Melihat Geometri Frame Sepeda

Setelah mendapatkan brand sepeda yang anda inginkan, langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran sepeda yang paling cocok. Yang harus anda lakukan adalah mengukur tinggi badan anda berapa dan mengukur panjang inseam. Inseam adalah jarak dari lantai sampai dengan mentok selangkangan anda dengan posisi berdiri tegap.

Mengukur Inseam Sepeda
Mengukur Inseam Sepeda

Setelah ketemu angkanya, anda tinggal mencocokan dengan geometri frame sepeda. Perlu diketahui juga bahwa orang memiliki tinggi sama-sama 170cm belum tentu memiliki inseam yang sama, jadi anda jangan ikut-ikutan teman dengan patokan tinggi badan saja, harus diukur terlebih dahulu.

Jika memang bisa melakukan test ride maka itu lebih baik, jadi anda bisa merasakan ukuran mana yang paling pas dan sesuai.

Panduan Memilih Ukuran Sepeda

  1. Mengukur Contact Point Yang Paling Pas

Contact point dalam bersepeda ada 3 yaitu handlebar, pedal dan sadel. Mari kita bahas satu persatu:

  • Handlebar (Stang Sepeda)

Handlebar adalah part dari sepeda yang fungsinya untuk mengendalikan dan mengemudikan sepeda. Sehingga agar pengendalian bisa lebih enak harus memilih handlebar sesuai dengan lebar bahu anda.  Berikut dibawah ini ada cara pengukuran lebar dada untuk menentukan lebar handlebar:

Mengukur Lebar Dada
Mengukur Lebar Dada
  • Pedal

Untuk pedal ada 2 jenis yang banyak dijual dipasaran saat ini yaitu pedal cleat dan pedal flat. Jadi bagi anda yang baru bermain sepeda lebih baik menggunakan pedal flat terlebih dahulu, karena jika menggunakan pedal cleat akan berbahaya rawan jatuh. Untuk pembahasan tips memilih pedal sepeda yang benar akan dibahas pada artikel lainnya.

  • Sadel

Sadel mejadi komponen yang paling susah untuk dipilih karena setiap orang memiliki bentuk tulang panggul yang berbeda-beda. Jalan keluarnya anda harus mencoba beberapa jenis sadel yang ada dan mencobanya untuk gowes paling tidak 50 km atau diatas 2 jam untuk merasakan apakah nyaman atau tidak selama digunakan.

3 Contact Point Sepeda
3 Contact Point Sepeda

Nah jika kedua hal diatas sudah anda lakukan tetapi belum menemukan posisi yang nyaman berarti anda harus mengeluarkan uang untuk melakukan bike fitting. Bike fitting bisa menentukan ukuran frame yang tepat dan menentukan adjustment terhadap 3 contact point penting dalam bersepeda. Jika semuanya sudah bersepeda akan menjadi lebih nyaman dan terbebas dari bahaya cidera, apalagi untuk sepeda road bike atau balap seringnya mudah terjadi cidera.

Cari Sepeda Murah? Cek Disini Dulu Aja

Saat bike fitting selesai, anda bisa meminta semua hasil datanya, sehingga saat ingin upgrade ganti sepeda baru, anda tinggal mencocokan ukuran yang paling sesuai dengan setting ternyaman saat ini.

Ternyata untuk memilih ukuran sepeda tidak semudah yang dibayangkan. Hati-hati mendengarkan saran dari orang lain yang kurang berpengalaman dan hati-hati terhadap racun sepeda yang berbahaya bagi kantong anda hahaha.

Baca juga : Tips Memilih Road Bike Yang Paling Pas

Semoga artikel ini bisa menjadi panduan memilih ukuran sepeda yang benar. Jangan lupa sepedanya untuk di gowes jangan dijadikan pajangan saja.

Terima kasih

About Hendri Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *