Mengenal Aliran Modifikasi Sepeda Drag

Saat ini hampir semua lapisan masyarakat di Indonesia pastinya pernah menggunakan sepeda.

Sekarang ini sobat bisa mendapatkan sepeda dengan harga yang murah dengan berbagai pilihan tipe dan merk. Sepeda sekarang tidak hanya menjadi alat transportasi saja, tetapi bisa juga digunakan untuk sarana olahraga sepeda.

Dibalik banyaknya sepeda yang ada saat ini, ada beberapa anak-anak muda yang melakukan modifikasi sepeda mereka dengan aliran racing. Memang untuk modifikasi sepeda tidak sebanyak modifikasi pada sepeda motor yang memiliki banyak aksesorisnya. Modifikasi ini banyak yang menyebutnya ‘’sepeda drag’.

Walaupun dimodifikasi seperti ini, sepeda ini masih tetap bisa digunakan untuk gowes.

Sepeda drag adalah modifikasi dari sepeda BMX yang diubah sedemikian rupa agar terlihat seperti sepeda motor drag.

Bedanya dengan sepeda motor drag hanyalah pada bagian mesinnya saja, untuk sepeda drag racing masih menggunakan pedal biasa. Selain itu dari segi bentuk keduanya identik sekali.

Jika sobat berminat untuk memodifikasi sepeda BMX di rumah menjadi sepeda drag keren, sobat perlu melakukan beberapa perubahan yang terbilang ekstrem.

Sobat langsung saja datang ke tukang las terdekat karena akan ada beberapa bagian sepeda yang perlu dilakukan modifikasi.

Modifikasi Sepeda Drag

Sepeda Drag Mini
Sepeda Drag Mini

Berikut beberapa modifikasi untuk membuat sepeda drag yang baik:

1. Stang menungging

Stang sepeda yang digunakan untuk drag sepeda biasanya model stang jepit atau stang yang sengaja dibengkokkan ke bawah agar lebih menungging. Selain itu panjang stang biasa dipotong lebih pendek agar lebih aerodinamis saat dipakai.

2. Body lebih pendek

Body sepeda sengaja dibuat lebih pendek dengan mencopot bahkan memotong bagian sadel sepeda. Tujuannya agar frame sepeda bisa lebih pendek sehingga berpengaruh pada aerodinamis pengendaranya.

3. Ban ukuran kecil

Sepeda Drag Racing
Sepeda Drag Racing

Agar rolling resistance lebih kecil, biasanya digunakan ban dengan ukuran yang lebih kecil dari ban sepeda standar. Ini seperti ban yang digunakan pada sepeda balap dengan ukuran ban yang kecil sehingga lebih ringan.

4. Jok memanjang

Jok sepeda untuk drag biasanya berbentuk memanjang. Bukan lagi menggunakan saddle sepeda aslinya. Jok bisa dibuat dengan menggunakan papan, mika atau menggunakan plat besi yang memanjang di belakang sepeda. Untuk masalah jok ini sobat perlu mengkustom sesuai dengan desain yang sudah dibuat.

5. Sepeda BMX

Nah yang terakhir sepeda yang dipakai adalah jenis sepeda BMX. Kebanyakan para anak usia belasan tahun yang melakukan modifikasi pada sepeda mereka menjadi model drag.

Jarang ditemui sepeda ukuran dewasa yang dibuat menjadi sepeda drag mini.

Cari Sepeda BMX Murah, Cek Sekarang Disini!

Jika sobat tahu, sekarang ini sudah ada balap sepeda drag yang dilakukan pada beberapa kampung untuk sekedar hiburan semata. Biasanya saat acara 17 Agustusan beberapa daerah ada yang menyelenggarakan balap sepeda khusus drag.

Agar tidak bingung memilih referensi modifikasi sepeda drag, kami sudah menyiapkan foto sepeda drag yang bisa menjadi inspirasi untuk melakukan modif sepeda. Berikut foto-fotonya:

Sepeda Drag Ontel
Sepeda Drag Ontel
Modifikasi Sepeda Drag
Modifikasi Sepeda Drag
Balap Sepeda Drag
Balap Sepeda Drag

Bagaimana apakah sobat tertarik untuk melakukan modifikasi sepeda drag?

Jika tertarik segera lakukan eksekusi dan jangan lupa hasilnya share kepada teman-teman.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *