Mengenal Cycling Cap, Topi Bersepeda Dengan Banyak Manfaat

Mungkin diantara sobat gowes sekalian ada yang menggunakan cycling cap saat bersepeda dan ada juga yang tidak menggunakannya. Tetapi yang pasti saat bersepeda haruslah menggunakan helm sebagai pelindung kepada kita saat terjadi kecelakaan.

Tetapi apakah sobat sudah tahu sejarah cycling cap zaman dulu dalam dunia balap sepeda?

Sejarah Cycling Cap

Sejarah Cycling Cap
Sejarah Cycling Cap

Cycling cap atau bisa disebut topi sepeda zaman dulu adalah salah satu aksesoris wajib saat bersepeda ataupun balapan sepeda digelar.

Cycling cap ini sudah mirip seperti jersey sepeda, dari warna dan motifpun mencerminkan dari suatu team balap sepeda. Tetapi saat ini nampaknya sudah tidak bisa ditemui di balapan sepeda profesional.

Cycling cap mulai dilarang di balapan yang berstandar UCI (Union Cycliste Internationale) yaitu suatu badan yang mengatur tentang persepedaan di dunia, saat itu ditahun 2003 UCI mengeluarkan aturan baru “semua pesepeda harus menggunakan helm”.

Ini semua imbas dari kecelakaan seorang pembalap bernama Andrei Kivilev saat mengikuti balap sepeda di Paris Nice tahun 2003 karena sebuah kecelakaan.

Setelah keluar peraturan UCI tersebut, saat itu pamor cycling cap mulai menurun, saat itu banyak bermunculan helm-helm sepeda baru untuk mengantikan keberadaan cycling cap.

Tetapi yang perlu sobat ketahui bahwa cycling cap tidak hanya sebagai penutup kepala atau gaya-gayaan saja, cycling cap memiliki manfaat lain yang perlu sobat tahu.

Jenis Cycling Cap

Sebelum membahas mengenai manfaat, cycling cap memiliki 3 jenis yang tujuannya berbeda-beda. Agar tidak salah pilih silahkan sobat simak jenis cycling cap dibawah ini:

  • No Collar Type

    No Collar Cycling Cap
    No Collar Cycling Cap

Jenis cycling cap yang pertama ini lebih mirip topi berenang, bentuknya setengah lingkaran yang fungsi utamanya adalah untuk penahan keringat agar tidak menetes ke bagian wajah.

  • Collar Type

    Cycling Cap
    Cycling Cap

Jenis cycling cap yang kedua adalah collar type, jenis ini fungsinya selain untuk menahan keringat juga bisa untuk menahan sinar matahari. Karena pada bagian depan cycling cap ini terdapat visor yang berfungsi untuk melindungi wajah dari sengatan matahari.

Selain itu sobat bisa mengkombinasikan dengan kacamata sepeda agar lebih nyaman saat bersepeda pada siang hari.

  • Bandana

    Bandana Cycling Cap
    Bandana Cycling Cap

Jenis cycling cap yang ketiga adalah bandana. Dari segi bentuk bandana ini seperti bandana pada umumnya, yang membedakan pada bagian belakang bandana ini akan keluar melewati helm, tujuannya untuk melindungi leher dari sengatan sinar matahari.

Cycling Cap Murah, Cek Disini !

Manfaat Cycling Cap

Dalam penggunaannya saat ini, biasanya cycling cap dipakai sebagai penutup kepala kemudian baru memakai helm, langsung saja kita bahas manfaat dari cycling cap:

1. Menjaga keringat menetes

Fungsi utama dari cycling cap adalah menjaga keringat menetes saat bersepeda, jadi sobat tidak terganggu dengan keringat yang membasahi wajah.

2. Melindungi wajah

Sinar matahari yang terkena muka dalam waktu yang lama pasti akan membakar kulit, jadi dengan cycling cap sobat bisa mengamankan wajah dari sengatan sinar matahari.

3. Melindungi kepala

Pemakaian cycling cap berada didalam helm sepeda, jadi sinar matahari yang masuk melalui rongga-rongga helm tidak langsung mengenai kepada, masih tertahan oleh cycling cap.

Sobat juga perlu tahu bahwa bahan dari cycling cap biasanya tidak panas dikepala, jadi tidak akan semakin menambah panas kepala.

Baca juga : Tips Memilih Helm Sepeda

4. Melindungi leher

Nah ini untuk cycling cap jenis bandana, leher sobat akan terlindungi saat bersepeda dari sengatan sinar matahari.

Apalagi untuk sobat yang menggunakan sepeda balap/roadbike dengan posisi yang condong kedepan, pasti leher akan terkena langsing oleh sinar matahari.

5. Aksesoris sepeda

Nah fungsi cycling cap saat ini bisa menjadi salah satu aksesoris yang diguankan saat bersepeda. Selain berfungsi seperti diatas, mengguankan cycling cap dipercaya bisa menambah kegantengan/kecantikan bagi pesepeda.

Selain itu sekarang ini cycling cap juga banyak dipesan oleh para klub-klub sepeda dengan menuliskan identitas klub mereka pada bagian visor cycling cap.

Cycling Cap Murah, Cek Disini !

Nah bagaimana apakah sobat gowes tertarik untuk menggunakan cycling cap saat bersepeda?

Jika tertarik sobat bisa mencari di Bukalapak karena disana banyak jual cycling cap murah dengan kualitas yang bagus. Tunggu apalagi miliki cycling capmu sekarang juga.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *