5 Tips Memilih Pedal Sepeda Terbaik (Terlengkap)

Bagi sobat gowes yang hobi bersepeda pastinya tidak asing dengan yang namanya pedal sepeda. Pedal sepeda merupakan salah satu komponen sepeda yang digunakan untuk mentransfer energi dari pengendara menuju ke sepeda dengan putaran yang teratur. Kalau tidak ada pedal coba bayangkan bagaimana sepeda bisa berjalan?

Pedal ini juga memiliki fungsi sebagai pengatur cepat atau lambatnya saat kita bersepeda, semakin cepat putaran pedal maka akan semakin cepat pula kecepatan bersepeda sobat. Biasanya hitungan dalam satuan RPM (Rotasi Per Menit) atau bisa disebut juga Cadence. Semakin baik dan nyaman pedal maka akan semakin meningkatkan pula kecepatan gowes sobat.

Memasang Cleat Sepeda
Memasang Cleat Sepeda

Jenis Pedal Sepeda

Ada 5 jenis pedal sepeda yang saat ini beredar dan menjadi trend dikalangan pesepeda baik itu pemula atau level pro. Setiap jenis pedal ini memiliki peruntukan yang berbeda-beda, simak saja pembahasan artikelnya dibawah ini:

  • Pedal Flat/Standart

Pedal ini paling sering ditemui pada semua genre sepeda. Karena kemudahan dalam penggunaan dan harga pedal sepeda murah menjadikan pedal flat sebagai pedal terbaik. Pedal flat ini memungkinkan untuk pengguna sepeda merasa nyaman dengan telapak kaki yang menapak pada bidang datar pedal lebih luas. 

Kelebihan pedal model flat ini cocok bagi sobat yang gowes santai sering menurunkan kaki ke jalanan atau bersepeda jarak dekat. Kekurangan lainnya adalah pedal sepeda model ini kurang cocok bagi sobat yang suka ngebut.

  • Pedal Sepeda Lipat

    5 Tips Memilih Pedal Sepeda Terbaik
    5 Tips Memilih Pedal Sepeda Terbaik

Selanjutnya adalah pedal sepeda lipat, secara tampilan pedal sepeda lipat ini tidak berbeda jauh dengan pedal model flat. Yang paling berbeda adalah pedal sepeda lipat ini bisa dilipat kedalam ketika sepeda sedang dilipat. Fungsi utamanya yang pasti adalah soal kepraktisan, kenyamanan dan keamanan. Untuk harga pedal sepeda lipat ini lebih mahal dari pedal sepeda flat biasa.

Baca juga : Harga Sepeda Lipat Polygon

  • Pedal Toe Clips

Pedal Toe Clip ini merupakan pengembangan dari pedal flat biasa. Hanya saja pada bagian depan diberikan semacam tali untuk mengikat sepatu agar lebih kuat. Tujuannya agar transfer energi yang disalurkan bagus. Pedal jenis ini banyak digunakan oleh komunitas-komunitas sepeda fixed gear.

Pedal sepeda MTB menjadi salah satu jenis pedal yang paling cocok digunakan untuk blusukan atau sepeda genre MTB. Pedal sepeda MTB biasanya menggunakan teknologi cleat, fungsinya untuk mengunci sepatu pengendara dengan pedal agar lebih maksimal dalam power transfer. Untuk bahan pedal cleat MTB biasanya menggunakan bahan keras seperti besi atau alumunium agar kuat saat terjadi benturan dengan benda-benda keras. Cara pelepasan pedal sepeda ini juga berbeda, anda bisa mengerakan kearah samping atau atas agar lock antara sepatu dan pedal terbuka.

  • Pedal Sepeda Balap (Roadbike)

Yang terakhir adalah pedal sepeda balap/roadbike atau biasa disebut pedal cleat. Pedal jenis ini biasanya memiliki bentuk yang lebih kecil dengan bobot yang ringan. Untuk mekanisme penguncian pedal cleat roadbike ini paling kaku dan kuat jika dibandingkan dengan cleat sepeda MTB. Banyak produsen sepeda ternama yang memiliki line up pedal cleat MTB seperti Shimano dengan seri SPD, Look dengan seri Keo dan lain sebagainya. Untuk harga pedal cleat roadbike ini jika dibandingkan pedal sepeda lainnya memiliki harga yang paling mahal, apalagi pedal cleat bearing yang berbahan carbon.

Baca juga : Rekomendasi 25 Roadbike Murah

Tips Memilih Pedal Sepeda

Setelah sobat sudah tahu tentang jenis-jenis pedal sepeda, maka sekarang waktunya untuk memilih pedal sepeda mana yang paling cocok untuk sepeda Anda, pastikan dulu bahwa uang Anda sudah cukup untuk membelinya. Berikut kami rangkum 5 tips memilih pedal sepeda yang terbaik:

1. Sesuaikan pedal sepeda dengan genre sepeda

Genre sepeda juga menentukan jenis pedal yang dipakai, saat ini kebanyakan para pengguna sepeda kota-kota atau gowes weekend santai diperkotaan menggunakan pedal model flat. Untuk yang sudah bersepeda ke pegunungan atau blusukan lebih cocok menggunakan model pedal cleat MTB. Untuk pedal model cleat roadbike banyak digunakan para pengguna roadbike agar lebih maksimal dalam bersepeda.

2. Pilihlan pedal sepeda dengan bahan yang berkualitas

Look Keo Blade Carbon Pedal
Look Keo Blade Carbon Pedal

Pedal Cleat, Cek Sekarang !

Beberapa pedal yang dijual saat ini memiliki bahan yang berbeda-beda. Mulai dari yang pedal sepeda paling murah biasanya menggunakan bahan plastik yang sering ditemui pada sepeda-sepeda murah. Untuk pedal berbahan dasar alloy dan carbon banyak ditemui pada sepeda dengan harga menengah keatas. Jika Anda menginginkan pedal yang awet maka lebih baik membeli pedal sepeda yang berbahan alloy atau carbon saja.

3. Pilihlah pedal yang menggunakan bearing

Bearing pada pedal sepeda memiliki putaran yang lebih loncer dibandingkan dengan pelor biasa. Maka sebelum membeli Anda bisa menanyakan kepada seller apakah sudah menggunakan bearing apa belum. Bearing ini berfungsi saat melakukan pedaling akan terasa lebih nyaman dan lebih loncer, sehingga kecepatan bisa tambah meningkat.

4. Pilihlah ukuran pedal sepeda yang tepat

Ada yang bilang bahwa semakin luas penampang pedal maka semakin ringan juga saat mengoperasikannya. Artinya semakin luas pedal maka semakin mudah dalam mengendalikan handling sepeda dan power dari kayuhan semakin meningkat. Contoh saja pedal cleat sepeda balap memiliki penampang yang kecil untuk mengakomodir bobot dan kayuhan setiap putaran. Untuk sepeda jenis BMX dan Dirtjump biasanya memiliki ukuran pedal yang lebih besar untuk kemudahan handling dan pengendalian sepeda yang lebih mudah.

5. Pilihlah yang memiliki bobot ringan

Memilih Bobot Yang Ringan
Memilih Bobot Yang Ringan

Nah yang terakhir adalah masalah berat pedal sepeda. Bagi sobat gowes yang menganut fahamWeight Weenies’, mencari pedal sepeda yang paling ringan adalah sebuah keharusan. Semakin ringan sepeda berarti semakin besar pula power to weight ratio yang akan didapatkan.

Nah demikianlah pembahasan mengenai 5 tips memilih pedal sepeda terbaik. Sekedar tambahan bagi sobat yang suka hobi olahraga bersepeda, jangan lupa untuk melengkapi tool kit sepeda untuk keperluan bongkar pasang sepeda seperti cara melepas pedal sepeda atau memperbaiki kerusakan lainnya.

Jika ada tambahan tips atau info lain tentang sepeda memilih pedal sepeda silahkan tambahkan pada kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *