Mengenal Stem Sepeda, Si Kecil Yang Banyak Fungsi

Dalam sebuah sepeda pasti ada komponen yang sering disebut dengan stem. Stem adalah komponen yang terdapat dalam sepeda, keberadaannya tentu sangat krusial. Lalu bagaimana bisa stem sepeda bisa dianggap penting keberadaannya dalam sepeda? Yuk simak ulasan lebih dalam mengenai stem pada sepeda berikut ini.

Apa itu Stem?

Stem adalah sebuah komponen dalam sepeda yang menghubungkan handlebar (stang kemudi) dengan steer tube pada fork sepeda. Bentuk stem ini berupa batang berukuran kecil yang terletak di antara fork dan stang. Pada umumnya stem sepeda terbuat dari aluminium alloy, serat karbon, baja, dan titanium.nah, tentu saja material bahan tersebut sangat mempengaruhi performa sepeda.

Jenis stem pada sepeda dibedakan menjadi dua, yaitu:

1.   Quill Stem

Stem Sepeda
Stem SepedaStem Sepeda

Quill stem merupakan stem yang dimasukkan di dalam steer tube. Stem ini berbentuk seperti huruf L dan V. Kemudian salah satu dari sisinya dihubungkan pada handlebars. Sepeda dengan stem jenis ini memiliki steer tube yang posisinya tidak lebih tinggi dari headset.

Stem ini banyak dijumpai pada sepeda lama, seperti sepeda klasik dan sepeda onthel. Stem ini mudah ditandai dengan adanya baut besar yang berjumlah dua yang terletak di atas headtube sepeda. Baut ini berfungsi mengatur tekanan pada bearing dalam headset. Hal ini akan berpengaruh pada gerakan pada saat memutar stang sepeda.

Kelebihan dari stem jenis ini ialah:

  • Posisi ketinggian stang lebih mudah diatur
  • Lebih kuat karena menggunakan sambungan yang sedikit
  • Penampakan lebih rapi dan sederhana
  • Mudah dibongkar pasang tanpa melepaskan headset

2.   Threadless Stem

Giant PR 2
Giant PR 2

Threadless stem merupakan stem yang posisinya menjepit pada steer tube dan stang sepeda. Stem ini banyak digunakan pada sepeda-sepeda keluaran sekarang. Sepeda yang menggunakan stem ini posisi steer tubenya lebih tinggi dibandingkan headset. Bagian steer tube terlihat lebih menonjol di atas headset sepeda.

Cari Stem Sepeda? Cek Dulu Sekarang Disini !

Stem threadless ini berbentuk batang lurus yang terdapat lingkaran pada kedua ujungnya. Steam jenis threadless sudah dilengkapi engsel yang bisa digunakan untuk mengatur ketinggian stang sepeda. Stem ini tidak memiliki ulir, walaupun pada beberapa juga masih menggunakan baut. Ada juga pada stem carbon tidak menggunakan sistem baut melainkan memakai expander plug.

Kelebihan dari sistem stem ini adalah:

  • Fleksibel dan lebih kompatibel jika digabungkan dengan komponen lainnya
  • Mudah dibuka dan dikencangkan kembali
  • Lebih mudah mengatur posisi stang
  • Tidak mudah mengalami kerusakan atau gangguan

Baca juga : Daftar Aksesoris Sepeda Wajib Beli

Fungsi Stem

Seperti telah disebutkan di atas, pada sepeda fungsi stem adalah menghubungkan antara stang dengan fork. Secara lebih detailnya, stem ini menjadi komponen penting yang berperan sebagai sistem kendali sepeda. Fungsi stem ini berfungsi normal sebagaimana mestinya jika ditandai dengan adanya roda yang berputar ke kiri maupun ke kanan saat stang diputar.

Selain memiliki fungsi penting dalam mengontrol sepeda, stem juga dapat menambah penampilan. Supaya karakter dari sepeda menjadi terlihat tambah gagah. Di pasaran banyak ditawarkan berbagai macam stem dengan harga yang bervariasi.

Penjelasan Stem Sepeda dari Terminal Bike

Rekomendasi Stem Terbaik

1.     XLR8 Accelerate Me

Stem XLR8 Accelerate Me
Stem XLR8 Accelerate Me

Stem XLR8 Accelerate Me ini sangat cocok untuk sepeda jenis MTB. Stem alloy ini memiliki ukuran untuk handlebar dengan diameter 31,8 mm dan diameter front fork 28,6 mm. Stem ini memiliki berat sebesar 120 gram. Stem XLR8 Accelerate Me dibanderol dengan harga kisaran 300 ribu rupiah.

2.   Stem Mosso 7 Derajat 90 mm

Produk stem ini terbuat dari bahan aluminium alloy. Ukuran stem ini memiliki diameter handlebar 31,8 mm dan diameter untuk fork sebesar 28,6 mm. Untuk mendapatkan stem ini Kamu hanya perlu menggelontorkan dana sebesar 300 ribu rupiah saja.

3.   Wake Stem Bike Bicycling Clamp

Stem ini memiliki varian ukuran yang beragam. Ada yang berukuran 70 mm, 80 mm, 90 mm, 100 mm, dan 110 mm. Material dari stem ini terbuat dari bahan aluminium alloy. Untuk bisa mendapatkan Wake Stem Bike Bicycling Clamp ini harus membayar seharga 150 ribu rupiah.

Cari Stem Sepeda Murah? Cek Disini Sekarang!

4.   Stem Riser Litepro

Stem Riser Litepro ini juga terbuat dari alluminium alloy. Oleh sebab itu tetap memiliki bobot yang ringan, namun kokoh. Diameternya berukuran 25,4 mm. Stem Riser ini bisa dimiliki dengan harga 160 ribu rupiah saja lho.

5.   Stem Honsun

Stem Honsun
Stem Honsun

Stem ini juga memiliki kualitas yang bagus. Tersusun oleh material aluminium alloy membuat stem ini memiliki berat yang ringan. Meskipun begitu, stem ini cukup kokoh ketika digunakan. Dengan diameter 31,8 mm dan panjang 90 mm, stem ini cukup kompatibel saat digunakan. Stem Honsun bisa Kamu dapatkan dengan harga 350 ribu rupiah.

Fungsi stem sangat penting keberadaannya dalam sepeda. Jika Kamu berkeinginan membeli stem, sebaiknya pilihlah stem sepeda yang berkualitas bagus. Seperti harus memperhatikan terlebih dahulu bahan, diameter dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan dari tim Hobigowes.com, jika ada pertanyaan atau rekomendasi mengenai stem lain yang lebih oke bisa kamu tambahkan pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *