12 Tips Membeli Sepeda Bekas Terbaik

Saat ini harga sepeda sudah termasuk kelewat mahal. sepeda bukan lagi menjadi alat transportasi tetapi sudah menjadi hobi yang tidak murah. Contoh saja harga sepeda dengan bahan carbon groupset terbaru harganya bisa setara dengan motor sport 250CC. Tentunya ini bagi kalangan menengah kebawah hanya bisa menjadi mimpi saja untuk bisa memilikinya.

Membeli sepeda bekas saat ini menjadi pilihan yang paling tepat. Karena harga sepeda bekas memiliki selisih yang cukup banyak jika dibandingkan dengan sepeda baru. Selisih harga ini bisa sobat gunakan untuk upgrade atau memberi aksesoris sepeda yang tidak kalah mahalnya.

Untuk masalah kondisi sepeda biasanya untuk sepeda-sepeda yang masuk kategori untuk olahraga ini selalu dirawat dengan baik. Jarang sekali ditemui sepeda yang tidak terurus, apalagi untuk sepeda yang harganya mencapai 2 digit. Tetapi sebelum membeli sobat juga perlu melakukan pengecekan agar saat transaksi sudah deal tidak merasa kecewa.

Tips Membeli Sepeda Bekas

Tips membeli sepeda bekas
Tips membeli sepeda bekas

Nah agar anda tidak salah dalam memilih sepeda bekas, kami sudah merangkum tips membeli sepeda bekas terbaik. Berikut pembahasannya:

1. Pilih jenis sepeda

Langkah pertama adalah menentukan jenis sepeda apa yang akan sobat beli. Karena ada banyak jenis sepeda yang bisa sobat beli mulai dari tipe roadbike, sepeda MTB, sepeda lipat, sepeda BMX, sepeda hybrid, sepeda keranjang, sepeda touring, sepeda tandem, fat bike dan masih banyak jenis sepeda lainnya.

2. Mintalah deskripsi yang lengkap

Kadang dalam deskripsi penjualan seller tidak memberikan deskripsi yang lengkap. Untuk itu sobat bisa meminta deskripsi yang lengkap mengenai bahan frame, wheelset yang digunakan, tipe groupset, ukuran sepeda, kelengkapan, usia pemakaian, kekurangan dan beberapa informasi penting lainnya. Dari sini sobat bisa melakukan perhitungan berapa pantasnya untuk menawar harga sepeda bekas yang dijual tersebut.

3. Minta gambar yang bagus

Cek kondisi sepeda
Cek kondisi sepeda

Jika sobat tidak bisa bertemu secara langsung, bisa dengan meminta foto detail sepeda secara lengkap setiap partnya. Sobat juga bisa meminta video sepeda yang dijual secara langsung agar bisa memastikan keadaan sebenarnya sepeda tersebut. Jika ada kenalan teman komunitas yang lokasinya kebetuan dekat bisa meminta tolong untuk mengecek secara langsung.

4. Pastikan ukuran tepat

Nah ini yang menjadi pertimbangan penting dalam memilih sepeda sepeda. Bukan masalah harga murah lalu langsung bayar, tetapi ukuran sepeda haruslah tepat. Sobat bisa melihat pada size-chart sepeda pada setiap brand, jangan samakan satu brand dengan brand lainnya karena biasanya berbeda geometrinya.

Cari Sepeda Bekas Murah, Cek Disini !

5. Cek kondisi sepeda

Cek spesifikasi sepeda
Cek spesifikasi sepeda

Jika memungkinkan sobat bisa melakukan cek kondisi sepeda secara langsung, tetapi jika tidak cukup dengan meminta foto atau video saja. Dengan mengecek langsung sobat bisa memastikan kondisi sepeda yang sebenarnya plus bisa mencobanya secara langsung untuk mengetahui impresi pertama terhadap sepeda yang akan dibeli.

6. Cek sepeda curian atau bukan

Nah ini bisa diketahui dengan cara mengobrol dengan seller sepeda. Coba tanya apa alasan menjual sepeda dan asal-usul sepedanya milik sendiri atau sepeda bekas. Akan kelihatan jelas antara penjual sepeda curian dengan seorang hobbies sepeda tentang pemahaman sepeda. Biasanya harga sepeda-sepeda yang miring bisa menjadi salah satu indikasi sepeda hasil curian.

7. Cek reputasi penjual

Ini bisa dilakukan apabila sobat membeli sepeda secara online. Cek reputasinya dengan review-review yang masuk pada seller tersebut. Untuk penjual sepeda offline sobat bisa bertanya reputasinya pada komunitas sepeda lokal. Tetapi untuk penjual pemakaian pribadi tidak bisa dipraktekkan, hanya bisa memastikan kondisi dan barang curian atau bukan.

8. Cari perbandingan harga sepeda

Agar tidak kemahalan dalam membeli sepeda bekas, sobat perlu membandingkan dengan spesifikasi sepeda yang sama pada tempat lain, bisa pada group jual beli atau marketplace yang menjual sepeda seperti Bukalapak.

9. Periksa cek ongkir

Nah ini yang menjadi kendala saat melakukan pembelian sepeda secara online. Masalah ongkos kirim ini bisa mahal karena dimensi sepeda yang besar dan bobot yang berat. Sebelum memutuskan membeli cek dulu ongkos kirimnya, jika beruntung sobat bisa mendapatkan gratis ongkir dari marketplace.

Daftar Sepeda Bekas Harga Murah

10. Sesuaikan budget

Tips membeli sepeda bekas selanjutnya adalah memastikan budget yang dimiliki cukup. Jangan habiskan semua budget yang sobat miliki untuk sepeda saja, sobat masih perlu membeli aksesoris dan printilan sepeda lainnya untuk bisa memulai hobi gowes.

11. Waspada penipuan

Penipuan jual beli online
Penipuan jual beli online

Nah penipuan ini juga sering ditemui terutama saat jual beli sepeda bekas online. Pastikan sobat jangan mau saat disuruh melakukan transfer terlebih dahulu jika memang seller kurang meyakinkan dan reputasinya kurang baik. Untuk sobat yang berbelanja di marketplace tidak perlu khawatir karena dana tidak langsung diteruskan pada penjual melainkan masih ditahan pada marketplace sampai sepeda datang.

Baca juga : Daftar Harga Sepeda Polygon Terbaru

12. Ajak teman yang mengerti sepeda

Yang terakhir jika memang sobat tidak mengerti tentang sepeda cobalah ajak teman yang lebih faham sepeda. Takutnya nanti membeli sepeda bekas yang terlalu mahal atau kondisinya kurang bagus.

Nah bagaimana apakah sobat sudah mendapatkan gambaran dari tips membeli sepeda bekas terbaik diatas? Jika sudah silahkan buka group jual beli atau marketplace yang menyediakan sepeda bekas berkualitas. Perlu ingat ada pepatah mengatakan bahwa sepeda terbaik adalah sepeda yang kamu miliki dan sepeda yang dipakai bukan dipajang saja.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *