10 Tips Melewati Tanjakan Curam Dengan Sepeda

Rute bersepeda pastinya beragam dengan medan yang berbeda-beda. Ada yang datar-datar saja dan ada juga rute bersepeda naik turun melewati tanjakan yang curam. Rute tanjakan bagi yang belum berpengalaman melibas tanjakan menjadi salah satu hal yang menakutkan, tetapi bagi yang sudah sering bersepeda ini menjadi suatu tantangan yang menarik.

Tips melewati tanjakan dengan mudah
Tips melewati tanjakan dengan mudah

Bersepeda adalah olahraga endurance yang paling nikmat tidak ada gantinya. Banyak orang yang betah berlama-lama diatas sepeda walaupun cuaca panas sekalipun. Apalagi bagi yang suka menaklukkan tanjakan curam yang panjang dengan gradien yang tinggi, rasanya akan nikmat dan gembira sekali bila bisa melewatinya sampai-sampai mengalahkan kelelahan fisik yang dialami.

Tips Melewati Tanjakan Curam

Nah bagi sobat gowes yang ingin lulus melewati tanjakan curam dengan sepeda tanpa menuntun, silahkan simak pembahasan mengenai 10 tips melewati tanjakan curam dengan sepeda dibawah ini:

1. Kenali sepeda kita

Sebelum menaklukkan tanjakan, sobat perlu mengenali sepeda. Yang dimaksud mengenali sepeda disini adalah tahu bagaimana cara kerja komponen-komponen penting yang digunakan saat melewati tanjakan. Yang terpenting adalah shifting dan gear ratio yang digunakan, coba terlebih dahulu bagaimana menaikan dan menurunkan gear ratio pada sepeda. Karena jika sobat salah shifting pada saat ditanjakan bisa dipastikan akan tidak kuat, kehilangan momen beberapa detik saja bisa membuat sobat gagal sampai puncak.

Baca juga : Daftar Harga Sepeda Polygon Terbaru

2. Kenali kekuatan kita

Tips melewati tanjakan yang kedua adalah mengenali seberapa kekuatan kita. Jika anda memiliki cyclocomp sepeda murah yang memiliki heart rate monitor itu lebih bagus, sobat bisa tahu detak jantung secara langsung sehingga tau kapan harus berhenti. Jika sobat memaksakan bisa-bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, paling ringannya terjatuh dari sepeda dan yang paling parah bisa terkena serangan jantung. Jika memang sudah merasa tidak kuat dan mata berkurang-kunang lebih baik berhenti istirahat dan coba ulangi lain waktu.

3. Kenali medan/rute

Cek route bersepeda
Cek route bersepeda

Ada baiknya sobat perlu mengetahui karakter tanjakan yang akan dilewati mulai dari gradien kemiringan dan seberapa panjangnya tanjakan. Jangan sampai sobat sudah all out didepan tetapi ternyata tanjakan masih panjang. Akibatnya bisa dipastikan tenaga sudah habis dan kelelahan yang akhirnya tidak kuat. Keuntungan mengetahui rute adalah kita bisa mengatur strategi mulai dari perpindahan gigi dan tenaga sehingga bisa kuat sampai puncak.

4. Atur pernafasan

Pernafasan menjadi kunci utama untuk bisa sampai puncak. Fungsi pernafasan ini adalah menyalurkan oksigen keseluruh tubuh dan dengan pernafasan yang benar juga bisa mengurangi kelelahan yang berlebih saat bersepeda. Saat melewati tanjakan yang curam, teknik pernafasan yang paling tepat menggunakan ‘’belly breathing’ atau pernafasan dengan perut. Cara mempraktekkannya cukup mudah, sobat hanya perlu bernafas dengan mulut kemudian keluarkan sebanyak-banyaknya dengan mulut juga. Teknik ini bisa memasukkan oksigen lebih banyak dan mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak, sehingga asam laktat bisa hilang dan terhindar dari kram.

5. Gunakan rasio gear yang tepat

Menggunakan rasio gear yang tepat disini adalah sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan meniru rasio gear yang dipakai orang lain, karena kekuatan tiap orang pasti berbeda-beda, sesuaikan yang kiranya paling nyaman. Karena kalau terlalu berat efeknya akan cepat sekali menguras tenaga sehingga menyebabkan gagal sampai puncak.

Tips dari kami adalah jaga putaran kaki sobat stabil diangka 70 sampai 90 RPM, jika sobat menggunakan cyclocomp akan lebih mudah memantaunya. Dan untuk gear jangan dihabiskan sampai yang paling ringan, sisakan satu untuk recovery jika tenaga sobat sudah benar-benar habis.  

Gear ratio untuk climbing
Gear ratio untuk climbing

Groupset Sepeda Murah, Cek Sekarang !

6. Tenang dan fokus

Jika menghadapi tanjakan yang curah usahakan untuk tenang agar denyut jantung sobat tidak naik dengan cepat. Atur nafas dengan mulut secara teratur dan posisikan gear ratio pada nomor yang tepat. Selain itu sobat perlu memfokuskan diri jangan melihat teman lain yang sudah didepan dan dengan fokus sobat bisa terhindar dari kecelakaan.

7. Jangan melihat kedepan

Ini yang menjadi salah satu penyebab gagal melewati tanjakan curam yaitu melihat kedepan yang mengakibatkan mental down. Untuk lebih amannya lihatlah pada arah ban sepeda depan saja tidak perlu melihat terlalu jauh kedepan. Tetapi juga perlu berhati-hati pula dari kendaraan lain yang dari arah berlawanan.

8. Condongkan badan kedepan

Dalam melewati tanjakan berat, beban sedikitpun akan sangat terasa sekali beratnya. Jika sobat sedang menaklukkan tanjakan dengan posisi duduk di sadel pasti rasanya akan lebih berat ketimbang menyondongkan badan kearah depan. Dengan cara ini pusat beban akan berada dibagian depan sehingga lebih ringan saat melewati tanjakan. Jika perlu sobat bisa mempertimbangkan penggunaan wheelset khusus climbing yang memiliki bobot lebih ringan.

9. Jaga putaran kayuhan

Seperti yang sudah dijelaskan pada tips melewati tanjakan nomor 5, putaran kayuhan sepeda yang paling ideal untuk melewati tanjakan adalah 70-90 RPM. Untuk bisa mengukurnya sobat perlu menggunakan alat tambahan sensor cadence, sensor ini bisa ditemui pada alat cyclocomp menengah keatas. Selain itu dengan tahu cadence, sobat bisa mengatur tenaga yang dikeluarkan lebih efisien.

Cyclocomp Garmin
Cyclocomp Garmin

Cyclocomp Sepeda Murah, Cek Dulu Disini !

10. Perbanyak latihan

Nah yang terakhir adalah dengan perbanyak latihan menanjak. Seiring dengan banyaknya latihan maka otot sobat akan semakin kuat sehingga untuk bisa melibas tanjakan bukanlah hal yang sulit.

Nah demikian pembahasan mengenai 10 tips melewati tanjakan curam dengan sepeda. Silahkan di praktekan tips diatas, jika berhasil silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah dan jika ada tambahan tentang tips lain untuk melewati tanjakan curam silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah.

Terima kasih

About Hendri Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *