15 Manfaat Bersepeda Secara Rutin Yang Jarang Diketahui

Menikmati lingkungan sekitar dengan menggunakan sepeda adalah salah satu hal yang menyenangkan. Apalagi untuk sobat gowes yang lingkungan sekitarnya masih hijau banyak sawah dan pepohonan, pasti rasanya sejuk sekali. Untuk yang tinggal diperkotaan, bisa keluar bersepeda di pagi hari sebelum udara tercemar polusi.

Sepeda selain menjadi alat rekreasi, bersepeda secara rutin juga membuat tubuh menjadi aktif. Sebagaimana kita tahu bahwa tubuh yang aktif adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan anggota badan. Resiko sakit untuk orang yang selalu melakukan olahraga secara rutin juga lebih kecil dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan apa-apa.

Nah olahraga sepeda menjadi solusi terbaik karena bisa dilakukan secara mandiri maupun berkelompok, tetapi pastikan untuk selalu menjaga keselamatan bersepeda dengan menggunakan helm sepeda yang standar. Selain itu pastikan juga selalu merawat sepeda dengan benar agar saat digunakan tidak mengalami masalah sehingga mengganggu kegiatan olahraga sepeda yang sobat jalani.

15 Manfaat Bersepeda Secara Rutin

Kami telah merangkum 15 manfaat bersepeda secara rutin yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya, berikut penjelasannya:

1. Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat rutin bersepeda
Manfaat rutin bersepeda

Manfaat bersepeda yang pertama adalah meningkatkan kekuatan otot. Saat bersepeda hampir semua otot anggota badan ikut terlibat, jika dilakukan olahraga sepeda secara rutin masa dari otot ini semakin lama akan meningkat. selain itu koordinasi keseimbangan antar anggota tubuh juga semakin terlatih dengan bersepeda secara rutin.

2. Menurunkan tingkat stres

Saat melakukan kegiatan bersepeda, tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin memiliki fungsi membuat seseorang merasa senang dan membuat hati yang positif. Itulah kenapa salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan selalu merasa senang.

Timbulnya rasa senang dan hati yang positif ini akan menurunkan tingkat stres yang dialami. Apalagi ditambah dengan rute bersepeda yang menarik dengan rombongan sepeda yang selalu membuat tertawa dan ditutup makan bersama di warung, pasti stres langsung ilang dengan sendirinya.

3. Menjaga berat badan

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Dengan semakin cepatnya kerja kardiovaskuler dan otot yang selalu bekerja, maka sistem metabolisme tubuh dan pembakaran kalori menjadi lebih optimal. Pembakaran kalori yang rutin tentu saja akan menurunkan berat badan secara bertahap. Bagi sobat yang sedang melaksanakan diet, manfaat bersepeda untuk diet bisa dilakukan dengan cara sering-sering saja bersepeda. Kuncinya kalori yang terbakar harus lebih besar dari kalori yang masuk dalam tubuh. Tetapi jangan lupa untuk memperhatikan nutrisi tubuh agar tidak mudah sakit saat terlalu capek bersepeda.

4. Menyehatkan tulang

Meskipun bersepeda secara rutin tidak langsung membantu masalah tulang seperti osteoporosis, nyatanya sepeda menjadi olahraga yang paling ideal untuk penyakit osteoporosis ini. Sepeda adalah olahraga paling aman yang memberikan sedikit tekanan pada bagian persendian tulang. Sebuah studi penelitian mengungkap bahwa pada pasien yang berusia lansia yang mulai melakukan sepeda secara rutin keluhan nyeri lutut dan osteoaritisnya semakin membaik.

5. Merawat kondisi sendi

Sendi kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, pinggul dan beberapa sendi yang lain saat melakukan gowes otomatis bekerja. Dengan seringnya aktif bergerak inilah membuat persendian menjadi semakin kuat. Akibat kurang olahraga tulang persendian akan menjadi lebih kaku dan menyusut, akibatnya sendi tidak bisa bebas dipakai untuk bergerak. Untuk itu lakukan olahraga sepeda secara teratur agar persendian semakin sehat dan kuat.

6. Menurunkan resiko kanker

Terhindar resiko kanker
Terhindar resiko kanker

Sebuah studi mengatakan bahwa dengan melakukan bersepeda setiap hari akan menurunkan resiko terserang kanker. Studi ini menunjukan bahwa orang yang bugar sering melakukan olahraga dengan rutin pada usia senja akan beresiko lebih rendah terkena penyakit kanker. Untuk itu mulai sekarang sobat bisa melakukan investasi kesehatan jangka panjang dengan melakukan sepera secara rutin.

7. Menurunkan resiko diabetes

Mau terhindari dari penyakit diabetes? Sering-seringlah bersepeda setiap hari. Sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark menyebutkan bahwa sering bersepeda bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 pada orang dewasa.

Penelitian ini dilakukan pada lebih dari 50.000 orang Denmark berusia 50-65 tahun. Penelitian ini memeriksa hubungan bersepeda secara rutin ke kantor atau tempat lain dengan penyakit diabetes. Lima tahun setelah penelitian ini berjalan didapatkan kesimpulan bahwa orang yang melakukan sepedaan setiap hari mengalami penurunan resiko terkena diabetes sebesar 20% daripada yang tidak melakukan sepeda secara rutin. Nah sudah terbukti kan manfaat dari bersepeda bagi kesehatan.

8. Mengatasi insomnia

Insomnia adalah penyakit gangguan tidur yang menyebabkan para penderitanya sulit tidur. Kondisi ini menyebabkan penderitanya kurang istirahat yang cukup sehingga menyebabkan kondisinya tidak prima saat keesokan harinya. Cobalah melakukan kegiatan sepeda secara rutin paling tidak 2 hari sekali dengan durasi 20-30 menit, coba rasakan perbedaannya apakah penyakit insomnia sobat bisa hilang.

Manfaat lain bersepeda pagi hari ketika udara masih segar dan matahari belum terik dapat membantu jam biologis tubuh sobat menjadi normal dan juga bisa menyingkirkan hormon kortisol yang menjadi penyebab insomnia.

Cari Sepeda Murah, Silahkan Cek Disini !

9. Menyehatkan paru-paru

Karena sepeda tidak menghasilkan polusi maka olahraga sepeda adalah salah satu pilihan terbaik. Selain itu sobat bisa menggunakan sepeda untuk alat transportasi ke kantor atau lokasi yang jaraknya dekat-dekat. Sebuah cerita dari para ojek sepeda yang ada di sekitaran Jakarta, dulunya saat masih menjadi sopir bajaj mengidap penyakit paru-paru, kemudian setelah berhenti dan alih profesi menjadi ojek sepeda penyakit paru-parunya bisa hilang dengan sendirinya. Selain sehat dengan menjadi ojek sepeda bisa mendapatkan penghasilan.

Nah jika sobat saat ini mengidap penyakit paru-paru, maka cobalah untuk melakukan sepeda secara rutin setiap hari. Hindari juga seperti rokok dan minuman beralkohol yang bisa merusak paru-paru.

10. Mencegah penyakit jantung

Terhindar dari penyakit
Terhindar dari penyakit

Jantung saat ini masih menjadi salah satu penyakit dengan kematian tertinggi di Indonesia. Untuk mendeteksi serangan jantung ini memang tidak mudah, karena memang tidak ada gejala yang terlihat secara nyata. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang kurang sehat dan jarang berolahraga.

Saat bersepeda, jantung sobat akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Jantung akan bekerja lebih untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh manusia. Jika bersepeda dilakukan secara rutin, otot jantung akan lebih kuat sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan kardiovaskular lainnya.

11. Meningkatkan kemampuan seks

Bagi yang sudah berkeluarga, seks merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan rumah tangga. Lalu apakah manfaat bersepeda secara rutin bisa meningkatkan kemampuan seks? Jawabnya bisa.

Saat bersepeda, semua otot yang bergerak yang terbentuk dari bersepeda inilah yang sama digunakan saat berhubungan seks, jadi ini sangat bermanfaat bagi pria. Semakin kuat otot-otot sobat dari hasil sepedaan maka semakin meningkat pula kemampuan seks anda. Berani coba? Silahkan rutinkan kegiatan sepeda sobat setiap hari.

12. Meningkatkan kekuatan otak

Semua olahraga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otak kita, salah satunya dari kegiatan sepeda. Saat bersepeda aliran darah yang menuju otak akan mengalir 28 persen lebih banyak dan 70 persen di area tertentu. Nah dari sinilah kita harus selalu berolahraga setiap hari agar fungsi otak kita selalu meningkat kemampuannya.

13. Memperkuat sistem imun

Imun tubuh meningkat
Imun tubuh meningkat

Olahraga sepeda secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatnya produksi protein dalam tubuh dan membangun sel darah putih. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Aging Cell menyebutkan bahwa orang tua dengan usia 55-79 tahun yang rajin melakukan sepeda ternyata kekebalan tubuhnya lebih kuat. Meskipun semakin bertambahnya umur kekebalan tubuh semakin menurun 2-3 persen, tetapi dengan bersepeda secara rutin dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

14. Meningkatkan kesehatan mental

Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang memiliki gaya hidup aktif secara fisik dengan berolahraga memiliki tingkat kesehatan mental lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak aktif. Ada begitu banyak kegiatan olahraga menarik yang bisa sobat pilih salah satunya dengan bersepeda.

15. Menambah relasi pertemanan

Nah manfaat bersepeda secara rutin yang terakhir adalah menambah relasi pertemanan. Bersepeda memungkinkan kita untuk bertemu dengan banyak orang dengan background yang berbeda-beda. Sepeda juga merupakan olahraga untuk semua kalangan dari yang bawah sampai kalangan atas, semuanya bisa membaur menjadi satu saat bersepeda.

Cari Sepeda Murah, Silahkan Cek Disini !

Demikian pembahasan mengenai manfaat bersepeda secara rutin untuk kesehatan. Bagi sobat yang saat ini sudah memiliki sepeda tetapi belum bisa rutin gowes, cobalah untuk merubahnya dengan melakukan gowes yang dekat-dekat saja terlebih dahulu. Tidak perlu banyak-banyak setiap hari 30 menit saja sudah cukup. Bagaimana sudah siap untuk bersepeda lagi?

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *