Jenis Standar Sepeda Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Apakah sepeda sobat saat ini belum menggunakan standar? Mungkin diantara banyak yang hobi gowes tidak semuanya memasang standar pada sepedanya.

Karena standar sepeda tidak cocok dipasang pada semua sepeda, hanya pada sepeda tertentu saja yang membutuhkan.

Standar bukan menjadi salah satu part sepeda, standar sepeda lebih ke aksesoris sepeda. Pada beberapa kasus sepeda memang sudah include dengan standar saat pembelian seperti sepeda MTB murah, city bike, BMX dan sepeda komuter lainnya.

Untuk sobat yang saat ini membutuhkan standar sepeda, Kami sudah menyiapkan pembahasan lengkap mengenai jenis standar sepeda sesuai dengan kebutuhannya.

Fungsi Standar Sepeda

Sebelum dilanjutkan, sobat pastinya sudah tahu bahwa fungsi standar adalah untuk menahan beban sepeda agar tidak ambruk.

Standar sepeda pada umumnya memiliki tiga jenis yaitu standar samping, belakang dan standar tengah sepeda.

Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar tidak penasaran langsung saja kita bahas mengenai jenis-jenis standar sepeda berikut ini.

Jenis Standar Sepeda

1. Standar tongkat

Standar Sepeda Tongkat
Standar Sepeda Tongkat

Standar tongkat adalah jenis standar portable tidak menempel pada sepeda. Jadi saat dibutuhkan standar tongkat baru akan dipasang. Standar ini banyak ditemui pada sepeda-sepeda touring yang membawa tas pannier pada sisi kanan kiri depan.

Untuk bisa menggunakan standar ini sobat harus menekan rem depan terlebih dahulu agar sepeda touring tidak menggelinding yang mengakibatkan ambruk.

Saat pembelian standar tongkat biasanya sudah include dengan pengunci rem depan. Standar tongkat memiliki kelebihan dalam hal kepraktisan dan lebih ringan saat dibawa. Kekurangannya saat ingin berhenti sobat perlu membuka standar tongkat dan memasangnya terlebih dulu.

2. Standar tengah

Standar tengah sepeda dipasang pada bagian dekat bottom bracket (BB) sepeda. Lokasinya yang berada ditengah-tengah sehingga bisa menahan beban secara proporsional antara tas pannier depan dengan belakang.

Kelebihan lainnya saat dibutuhkan tinggal dibuka saja standar tengahnya, untuk kekurangan standar tengah ada pada bobot standar yang ikut andil menambah berat sepeda.

Standar Sepeda Tengah
Standar Sepeda Tengah

Standar tengah saat ini banyak ditemui pada sepeda-sepeda touring dan sepeda lipat.

Standar ini dinilai paling aman jika dibandingkan standar lainnya karena posisi sepeda akan berdiri secara lurus dengan pembagian proporsi beban yang merata. Selain itu dengan menggunakan standar tengah ini lebih menghemat space saat sepeda parkir.

Cari Standar Sepeda? Cek Disini Sekarang

3. Standar samping

Standar samping sepeda biasanya paling umum digunakan pada sepeda yang menggunakan standar. Posisinya bisanya berada bagian chain stay dan seat stay dengan model dibaut. Ada juga standar samping ikut dibaut dengan hub sepeda.

Bahan yang digunakan untuk standar samping sepeda biasa menggunakan besi atau baja sehingga harga standar sepeda samping lebih murah.

Kekurangan standar model samping ini mudah roboh karena lokasinya standar berada di belakang, sehingga proporsi pembagian bebannya kurang baik.

Baca juga : Tips Sebelemum Membeli Sepeda Bekas Agar Tidak Salah 

4. Standar belakang

Standar belakang sepeda ini mirip dengan standar paddock, bedanya standar ini biasanya sudah include dengan sepeda saat pembelian. Standar sepeda belakang biasanya ditemui pada sepeda city bike, sepeda onthel dan sepeda yang menggunakan boncengan lainnya.

5. Standar paddock

Standar Sepeda Paddock
Standar Sepeda Paddock

Standar paddock ini lebih tepat saat digunakan untuk parkir sepeda di rumah. Sobat tidak mungkin membawa paddock sepeda saat gowes karena ukurannya yang lumayan besar. Untuk sobat yang mencari standar segitiga model paddock ini banyak dijual di marketplace atau toko sepeda sekitar.

Harga jual standar sepeda paddock ini mulai dari 50 ribuan saja.

6. Standar sepeda L

Jenis standar sepeda sepeda selanjutnya adalah model L. Standar ini sama seperti paddock yang digunakan saat parkir sepeda. Dalam penggunaannya ini lebih mudah daripada menggunakan paddock sepeda, sobat tinggal memasukan ban depan atau belakang pada bagian tengah standar saja.

Dari segi keamanan standar ini lebih aman dari roboh tetapi memiliki harga lebih mahal dibandingkan yang lainnya.

Standar Sepeda L
Standar Sepeda L

Cari Paddock Sepeda? Cek Disini Sekarang

7. Standar sepeda kait/pancing

Nah yang terakhir jenis standar sepeda model kait. Cara penggunaannya pengait pada sepeda dimasukan pada bagian seat stay dan chain stay sepeda, simpel bukan?

Untuk standar model kait ini bisa digunakan untuk standar sepeda MTB, sepeda hybrid, sepeda anak, road bike dan berbagai sepeda lainnya.

Standar Sepeda Kait
Standar Sepeda Kait

Demikianlah pembahasan mengenai jenis standar sepeda yang perlu diketahui. Silahkan sobat memilih mana kiranya yang cocok untuk dipasang pada sepeda.

Jangan lupa untuk memiliki standar sepeda khusus di rumah bisa menggunakan model paddock, model L atau standar kait karena lebih aman. Selain itu ketiga jenis standar parkir ini membantu sekali saat membersihkan sepeda.

Jadi jangan lupa untuk menambah satu aksesoris sepeda baru yaitu standar sepeda.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *