Ini Dia 10 Cara Merawat Sepeda Agar Tidak Cepat Rusak

Bagi pecinta sepeda, perawatan merupakan salah satu hal wajib yang harus sobat gowes lakukan saat membeli sepeda. Terlebih bagi sobat gowes yang sering melakukan gowes menggunakan MTB, pasti setiap habis trabas pulang-pulang sepeda kotor semua.

Tidak hanya untuk sepeda MTB saja, sepeda yang dipakai di jalanan pun tidak luput dari yang namanya kotoran. Jadi untuk itu sobat perlu melakukan perawatan sepeda secara rutin agar tidak cepat rusak. Ada goweser yang lebih menyerahkan semua urusan sepedanya kepada bengkel sepeda langganan, ada juga yang memiliki hobi untuk melakukan semuanya sendiri.

Agar sobat tidak salah dalam melakukan perawatan sepeda, kami telah merangkum 10 cara merawat sepeda agar tidak cepat rusak. Cara ini bisa dipakai untuk merawat sepeda MTB, hybrid, road bike, sepeda lipat, city bike, tandem bike dan lain sebagainya. Langsung saja pembahasannya berikut ini.

Cara Merawat Sepeda

1. Jaga kebersihan sepeda

Ada pepatah mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Untuk itu bagi sobat yang memiliki sepeda supaya selalu menjaga kebersihan sepedanya. Caranya setelah digunakan usahakan langsung dibersihkan, jika memang kotor banget bisa langsung dicuci menggunakan sabun, tetapi jika tidak terlalu kotor bisa dilap dengan kain basah saja.

Saat mencuci sepeda sobat juga perlu hati-hati terutama pada bagian sepeda yang rawan terkena air seperti pada Bottom Bracket (BB) dan pada Hub sepeda. Jika sampai air masuk bisa dipastikan sobat perlu membongkarnya atau paling tidak masuk bengkel karena berbahaya bisa merusak. Kotoran-kotoran yang menempel pada sepeda yang dibiarkan lama mengakibatkan karat, korosi sehingga memperpendek umur pakai sepeda.

2. Bersihkan rantai

Chain Cleaner
Chain Cleaner

Membersihkan rantai sepeda caranya sangat mudah, caranya menggunakan kain atau lap basah yang sudah diberi sabun kemudian putar rantai sampai semua kotoran menempel. Selain itu sobat bisa menggunakan sikat gigi dalam membersihkan rantai untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit pada rantai.

Jika sobat tidak mau repot saat ini sudah tersedia chain cleaner sepeda, tinggal memasukan saja kemudian tinggal putar. Contoh alatnya seperti gambar diatas dan harganya murah tidak sampai 50ribu. Bagaimana tertarik menggunakan chain cleaner yang lebih simpel seperti diatas?

Cari Chain Cleaner, Buka Disini Aja !

3. Bersihkan frame bagian bawah

Setelah sepeda habis digunakan, biasanya pada bagian fork depan, down tube, seat tube, chain stay dan seat stay adalah tempat menempelnya semua kotoran. Untuk itu sobat pastikan bagian-bagian tersebut aman dari kotoran yang menempel. Untuk membersihkannya bisa dengan menyemprotkan air atau menggunakan lap basah.

4. Bersihkan groupset

Membersihkan groupset
Membersihkan groupset

Groupset sepeda menjadi part yang paling banyak geraknya setelah ban sepeda. Pastikan semua groupset mulai dari handle rem, shifter, RD, FD, BB, Crank, rantai, Sprocket semuanya normal sehingga tidak mengganggu performa saat gowes. Untuk bagian selain rantai bisa di lap menggunakan kain basah. Untuk bagian crank, rantai, FD, RD, sprocket ini paling rawan kotor, apalagi jika menggunakan pelumas yang murah pasti semua kotoran malah nempel. Solusinya sobat bisa menggunakan dry lubricant yang lebih aman dari kotoran yang menempel.

5. Bersihkan wheelset dan ban

Wheelset merupakan salah satu drivetrain penting dalam sepeda. Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai tips memilih wheelset sepeda. Yang termasuk dalam wheelset ini adalah bagian hub, spokes, rim brake ditambah dengan ban sepeda. Pastikan semua part ini sudah bersih karena merupakan part yang langsung kontak dengan media jalanan atau tanah.

Cara membersihkan wheelset paling mudah dengan menyemprotkan air kemudian membersihkannya dengan sabun. Tetapi sobat perlu hati-hati terutama pada bagian hub jangan sampai kemasukan air.

Baca juga : Tips Memilih Ban Untuk Roadbike

6. Cek sistem pengereman

Mengecek sistem pengereman
Mengecek sistem pengereman

Rem adalah salah satu komponen sepeda yang memiliki fungsi dalam hal keamanan. Jika rem tidak berfungsi secara normal bisa membahayakan penggunanya. Untuk itu sobat perlu merawat rem sepeda, pastikan kampas rem masih tebal agar pengereman bisa maksimal.  Cek juga pada bagian kabel dan minyak rem apakah masih normal atau tidak.

Untuk merawat sepeda yang menggunakan rem hidrolik atau menggunakan fluida, cara perawatannya lebih sulit dibandingkan dengan rem yang masih menggunakan mekanisme kabel biasa. Untuk itu sobat perlu membersihkan sesering mungkin agar kotoran-kotoran tidak menempel yang mengakibatkan rem tidak bekerja secara optimal.

7. Cek sistem shifting

Pastikan sistem shifting gigi sepeda berjalan dengan normal. Caranya coba naik turunkan perpindahan gigi dari yang terbesar sampai terkecil apakah ada yang nyangkut atau tidak. Jika ada masalah sobat bisa mengaturnya dengan dua baut setting pada FD dan RD masing-masing sepeda. Tinggal mengencangkan atau mengendorkan sesuai dengan keperluan saja.

8. Berikan lubrikasi

Pelumas rantai sepeda
Pelumas rantai sepeda

Cara merawat sepeda selanjutnya adalah dengan memberikan lubrikasi. Rantai adalah part utama yang harus selalu diberikan lubrikasi secara optimal, karena ini merupakan part yang banyak bergerak. Hindari menggunakan lubrikasi dari oli bekas karena hanya akan menyebabkan kotor pada rantai, sobat bisa menggunakan dry lubricant atau pelumas khusus sepeda motor.

9. Cek tekanan ban

Tekanan angin pada ban selain memberikan performa saat digunakan juga memiliki fungsi untuk mempertahankan keelastisan ban itu sendiri. Ban yang terisi angin yang sesuai rekomendasi pabrikan akan lebih awet. Sebaiknya periksalah tekanan secara berkala, apalagi saat berangkat gowes pastikan tekanan ban sudah sesuai standar agar menghindarkan bocor dijalan.

Cara mudah untuk mengecek tekanan ban sudah sesuai atau belum adalah dengan menggunakan pompa sepeda yang memiliki gauge, jadi setiap melakukan pompa angin sobat bisa tau tekanan ban secara langsung. Harga pompa sepeda juga tergolong murah, apalagi tidak hanya bisa digunakan pada sepeda melainkan bisa untuk motor dan keperluan pompa benda lainnya.

10. Pastikan baut terpasang dengan benar

Nah yang terakhir dalam merawat sepeda adalah memastikan baut sepeda sudah terpasang dengan benar. Seiring dengan seringnya penggunaan sepeda, baut bisa berkurang kekencangannya karena menahan komponen-komponen sepeda. Oleh karena itu dalam perawatan sepeda sobat perlu memastikan semua mur dan baut sudah sesuai dengan kekencangannya.

Bike Toolkit Murah, Cek Disini !

Nah demikian pembahasan mengenai cara merawat sepeda agar tidak cepat rusak. Perlu diingat bahwa sepeda yang disimpan belum tentu lebih awet kondisinya, jadi untuk itu sobat perlu melakukan perawatan sepeda secara berkala agar tidak cepat rusak.

Terima kasih

About Eril Obeit Choiri

Goweser Weekend Warrior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *